• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Horizontalisasi Pemasaran pada Objek Wisata Bahari Lamongan di Kabupaten Lamongan

    Thumbnail
    View/Open
    Riza Ayu Retnowati - 120910202064.pdf (1.980Mb)
    Date
    2016-08-25
    Author
    Retnowati, Riza Ayu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui horizontalisasi pemasaran pada Objek Wisata Bahari Lamongan. Objek penelitian ini adalah Objek Wisata Bahari Lamongan dan informan pada penelitian ini adalah koordinator marketing, sekretaris manajer personalia, dan kapten Fun Game serta pengunjung yang bersedia menjadi narasumber. Jenis penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Alat analisis yang digunakan yaitu analisis domain dan analisis taksonomi. Analisis domain merupakan alat analisis yang digunakan untuk menganalisis gambaran umum dari objek penelitian, sedangkan analisis taksonomi merupakan alat analisis yang digunakan untuk menganalis keseluruhan data dari objek penelitian berdasarkan domain yang telah ditentukan dan kemudian analisis lebih mendalam. Hasil penelitian ini menrangkan bahwa Objek Wisata Bahari Lamongan memiliki 310 tenaga kerja untuk memaksimalkan pelayanan yang diberikan kepada konsumen. Wisata yang berdiri sejak tahun 2004 ini memiliki banyak fasilitas dan produ berbasis pelayanan, wahana fantasi, dan wahana bahari antara lain Tagada, Rumah Sakit Hantu, Crazy Car Coaster, Jet Coaster, Bumper Car, Balok Apung, Kolam Renang Anak dan Dewasa, Permainan Bahari, Pasar Hidangan, Souvernir Shop, Toilet dan produk lainnya. Wisata Bahari Lamongan memiliki beberapa departemen dalam strukturan organisasi salah satunya departemen marketing. Dalam pelaksanaannya, departemen pemasaran memiliki banyak kegiatan yang berbasis online dan offline. Dari lanskap company, Wisata Bahari Lamongan melayani semua usia dan kebutuhan pelanggan dengan menyediakan semua produk dan layanan mulai dari permainan untuk usia 5 hingga 40 tahun dengan berbagai kebutuhan. Objek Wisata Bahari Lamongan memadukan konsep yang berbeda yaitu perpaduan wisata fantasi dengan wisata bahari. Wisata Bahari Lamongan memiliki departemen pemasaran yang menjalankan kegiatan pemasaran yang berbasis online dan offline yang dilakukan pada media internet seperti halaman website, facebook, twitter, instagram, path, dan email serta bertanggung jawab pada kegiatan internal seperti kegiatan entertainment, front area, dan on decoration. Objek Wisata Bahari Lamongan menyediakan produk dan fasilitas untuk beberapa segmen seperti youth, women dan netizen customer. Wisata Bahari Lamongan menyediakan layanan sistem pembelian bagi pelanggan konvensional dan netizen customer serta menyediakan wadah bagi pelanggan untuk menyampaikan kritik dan saran serta informasi lainnya melalui media penyampai informasi di media online dan offline. Objek Wisata Bahari Lamongan menganggap bahwa pesaing sebagai tolak ukur atau cerminan, hal ini terlihat dari kegiatan kerjasama. Wisata Bahari Lamongan memiliki potensi yang berbeda dari tempat wisata lainnya. Objek Wisata Bahari Lamongan memaknai perubahan sebagai komitmen yang terlihat dari konsistensi perubahan yang terjadi dari awal berdiri hingga saat ini Objek wisata ini memilih untuk berkomitmen dalam melakukan dan menjaga perubahan. Dalam hal produk dan fasilitas, Wisata Bahari Lamongan memiliki kebijakan untuk melakukan penambahan tiga wahana baru setiap tahun dan melakukkan perbaikan secara berkala. Dari sisi manajerial, departemen marketing khususnya memiliki kebijakan dalam hal perbaikan sistem pemasaran yang dilakukan yang awalnya hanya berbasis tulis beralih ke basis gambar. Wisata Bahari Lamongan bekerja sama dengan beberapa pesaing dengan cara pemasangan media promosi pada masing-masing tempat wisata. Wisata Bahari Lamongan melakukan kegiatan yang mengadopsi teknologi baik kegiatan pemasaran maupun kegiatan internal lainnya sehingga objek wisata ini menjadi lebih terbuka dan mampu bersaing serta terhubung secara horizontal dengan yang lain.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76755
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5610]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository