• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Kelas X MIPA 4 SMA Negeri 4 Jember Pokok Bahasan Plantae Tahun Pelajaran 2015/2016)

    Thumbnail
    View/Open
    Vita Octaviana -1.pdf (2.705Mb)
    Date
    2016-08-19
    Author
    OCTAVIANA, Vita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Model pembelajaran AIR (Auditory Intellectually Repetition) merupakan model pembelajaran yang menekankan tiga aspek yaitu auditory artinya bahwa belajar haruslah dengan melalui mendengarkan, intellectually artinya bahwa belajar haruslah menggunakan kemampuan berpikir (mind-on), dan repetition adalah pengulangan melalui pemberian tugas atau kuis. Model pembelajaran AIR dapat dikombinasikan dengan media audio visual yang merupakan visual gambar yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan visual dan dilengkapi dengan audio yang menyimpan pesan-pesan pembelajaran. Media audio visual pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai perangkat ajar yang siap kapan saja digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SMA Negeri 4 Jember, ada salah satu kelas yang ketuntasan belajarnya sangat rendah yaitu di kelas X MIPA 4 hanya 50% yang tuntas atau 18 siswa dari 36 siswa. Beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut antara lain dikarenakan siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran sehingga siswa bermalas-malasan, minat belajar siswa yang kurang dalam mengikuti pembelajaran di kelas dan kemampuan siswa yang rendah, kurangnya variasi model dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Selain hasil belajar yang rendah, keterampilan berpikir kritis siswa juga rendah karena siswa tidak terbiasa dengan soal-soal berpikir kritis dan siswa kurang berinteraksi dengan guru. Oleh karena itu, diperlukan model dan media pembelajaran lain untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata biologi yaitu melalui penerapan model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) dengan media audio visual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 4 Jember tahun pelajaran 2015/2016 yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan tes hasil belajar sebanyak dua kali. Tahapan setiap siklus meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pada penelitian ini diperoleh data berupa keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Keterampilan berpikir kritis siswa diukur melalui pemberian LKS di setiap pertemuan. Pada hasil belajar yang diukur meliputi aspek kognitif dan afektif. Aspek kognitif diperoleh melalui tes pada tiap akhir siklus, sedangkan aspek afektif didapatkan pada saat pembelajaran berlangsung dengan menggunakan metode observasi. Dari hasil penelitian diperoleh hasil pada nilai keterampilan berpikir kritis pada pra siklus sebesar 59, pada siklus I meningkat sebesar 11 menjadi 70 dan pada siklus II meningkat sebesar 5,7 menjadi 75,7. Pada hasil belajar rata-rata hasil belajar pada ranah kognitif pada pra siklus 71, pada siklus I meningkat sebesar 12,4 menjadi 83,4 dan pada siklus II meningkat sebesar 2,1 menjadi 85,5 sedangkan untuk hasil belajar afektif pada siklus I sebesar 85,5 meningkat sebesar 2,5 menjadi 88 pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran AIR dengan media audio visual pada mata pelajaran biologi dengan pokok bahasan Plantae dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 4 Jember. Saran bagi guru yaitu sebaiknya guru dapat menggunakan model pembelajaran AIR sebagai salah satu inovasi dalam pembelajaran di kelas. Bagi peneliti lain, hendaknya dapat memperhitungkan waktu dengan baik
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76689
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository