• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA INDAHNYA NEGERIKU DI SDN KEBONSARI 01 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Serly Ayu Sayektie - 120210204002.pdf (2.742Mb)
    Date
    2016-08-18
    Author
    Sayektie, Serly Ayu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tindakan ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumen. Hasil dan pembahasan dalam penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas IVA tema Indahnya Negeriku semester genap tahun pelajaran 2015/2016 di SDN Kebonsari 01 Jember aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus ke siklus 1 dan ke siklus 2. Aktivitas belajar siswa pra siklus sebesar 48,55%, dengan kriteria cukup aktif setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 71,44% pada siklus 1 dengan kriteria aktif, aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus ke siklus 1 dengan selisih 22,56%. Siklus 2 meningkat menjadi 92,36% dengan kriteria sangat aktif, pada siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 20,92%. Hasil belajar afektif siswa pra siklus sebesar 60,03% dengan kriteria sedang/cukup, pada siklus 1 mengalami peningkatan menjadi 77,13% dengan kriteria baik, dan pada siklus 2 meningkat menjadi 85,69% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar kognitif siswa pra siklus sebesar 64,73% dengan kriteria sedang/cukup, pada siklus 1 meningkat menjadi 73,15% dengan kriteria baik, dan pada siklus 2 meningkat lagi menjadi 83,10% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar psikomotorik siswa pra siklus sebesar 65,39% dengan kriteria sedang/cukup, pada siklus 1 meningkat menjadi 71,38% dengan kriteria baik, dan pada siklus 2 meningkat lagi menjadi 85,85% dengan kriteria sangat baik. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Berdasarkan dari hasil analisis penelitian dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dan dapat dijadikan sebagai referensi untuk mengadakan penelitian sejenis pada mata pelajaran yang berbeda.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76610
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository