• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK INTENSIF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG KARTUN PADA SISWA KELAS VB SDN KARANGREJO 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    Putri Muliyani Rahma Sari - 120210204098.pdf (3.587Mb)
    Date
    2016-08-18
    Author
    Sari, Putri Muliyani Rahma
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan di SDN Karangrejo 03 Jember sejak tanggal 05 Desember 2015 sampai tanggal 19 Januari 2016. Jenis penelitian ini adalah PTK. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VB SDN Karangrejo 03 Jember pada Tahun Pelajaran 2015/2016. Proses penggunaan media wayang kartun yang dapat meningkatkan kemampuan menyimak intensif siswa adalah penggunaan wayang kartun dengan dukungan suara guru yang jelas dan tidak terlalu cepat dalam bercerita. Penggunaan media wayang kartun dalam pembelajaran menyimak intensif cerita pendek anak akan menarik perhatian siswa, memusatkan perhatian siswa, dan melatih kemampuan menyimak intensif yang dimiliki siswa. Peningkatan kemampuan menyimak intensif siswa kelas VB SDN Karangrejo 03 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 setelah menggunakan media wayang kartun dapat diketahui dari perbandingan skor klasikal hasil belajar siswa prasiklus, siklus 1, dan siklus 2. Berdasarkan hasil tes siklus 1 dan siklus 2, skor klasikal siswa meningkat sebesar 30% dari 43% (prasiklus) menjadi 73% (siklus 1). Siklus 2 juga mengalami peningkatan sebesar 7% dari 73% (siklus 1) menjadi 80% (siklus 2). Kesimpulannya media wayang kartun dapat meningkatkan kemampuan menyimak intensif siswa kelas VB SDN Karangrejo 03 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Saran yang dapat diberikan kepada guru yaitu diharapkan guru mampu menggunakan media wayang kartun sebagai variasi media pembelajaran agar dapat membangkitkan konsentrasi siswa dalam menyimak sehingga kemampuan menyimak intensif siswa akan meningkat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76602
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository