Show simple item record

dc.contributor.advisorBektiarso, Singgih
dc.contributor.advisorAgustiningsih
dc.contributor.authorKomariyah, Nurul
dc.date.accessioned2016-08-18T02:46:06Z
dc.date.available2016-08-18T02:46:06Z
dc.date.issued2016-08-18
dc.identifier.nim120210204018
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76597
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di SDN Jember Kidul 04 sejak tanggal 25 januari sampai tanggal 13 Februari 2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental sebenarnya atau true experimental dengan pola pre-test post-test control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA dan IVB SDN Jember Kidul 04. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka dilakukan uji homogenitas terhadap populasi untuk menentukan tingkat kemampuan awal yang dimiliki. Hasil perhitungan uji homogenitas menunjukkan harga = 1,172, kemudian harga tersebut dibandingkan dengan harga dengan = 89 pada taraf signifikansi 5%. Nilai dengan = 89 memiliki harga 1,665. Hasil tersebut membuktikan bahwa < yang berarti kemampuan awal siswa sebelum diberi perlakuan adalah homogen. Selanjutnya dilakukan undian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, didapatkan kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan kelas IVA sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes yang merupakan data utama dalam penelitian ini. Skor tes siswa berupa nilai hasil pre-test dan posttest yang dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil perhitungan dengan rumus uji-t diperoleh = 5,859, harga ini kemudian dibandingkan dengan dengan db = 89 pada taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh = 1,665. Diperoleh > (5,859 > 1,665), dengan demikian hipotesis nihil ( ) yang berbunyi tidak ada pengaruh positif yang signifikan penerapan pendekatan keterampilan proses tehadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Jember Kidul 04 ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada pengaruh positif yang signifikan penerapan pendekatan keterampilan proses tehadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Jember Kidul 04 diterima. Peneliti juga melakukan penghitungan keefektifan relatif diperoleh hasil ER sebesar 27,73% sehingga dapat disimpulkan bahwa pencapaian hasil belajar siswa kelas IVB yang diajar dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses lebih baik 27,73% dibandingkan dengan kelas IVA. Berdasarkan hasil analisis tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan penerapan pendekatan keterampilan proses terhadap hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPA di SDN Jember Kidul 04 Jember tahun pelajaran 2015/2016, atau dengan kata lain siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses hasil belajarnya lebih baik daripada siswa yang diajar tanpa menggunakan pendekatan keterampilan proses. Pendekatan keterampilan proses diharapkan dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran sehingga siswa dapat terlibat langsung dalam menemukan pengetahuannya dan lebih mudah dipahami oleh siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectHasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPAen_US
dc.subjectPendekatan Keterampilan Prosesen_US
dc.titlePENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPA DI SDN JEMBER KIDUL 04 TAHUN PELAJARAN 2015/2016en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record