• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH BUDAYA PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI SYAFIA PLAZA JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Leli Novitasari -1.pdf (2.318Mb)
    Date
    2016-08-18
    Author
    NOVITASARI, Leli
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Setiap perusahaan memiliki berbagai sumber daya dalam kegiatan operasionalnya yang disebut unsur 6M. Man atau karyawan memegang peranan penting dalam kegiatan operasional perusahaan. Kelangsungan hidup perusahaan didapat dari kinerja karyawan yang optimal. Kinerja yang optimal dipengaruhi beberapa faktor, budaya perusahaan salah satunya. Syafia Plaza Jember lahir sebagai penyedia toko busana muslim untuk memenuhi kebutuhan konsumen pada segmen laki-laki, perempuan, dan anak-anak serta satu-satunya toko yang menyediakan perlengkapan dan oleh-oleh haji terlengkap di Jember. Kinerja karyawan di Syafia Plaza Jember ini tergolong cukup baik, yakni dengan nilai 7,4, tapi belum mencapai kategori sangat baik. Tingkat ketidakhadiran karyawan saat bekerja tergolong masih banyak. Hal tersebut terjadi pada bulan Agustus- September 2015. Ketidakhadiran karyawan pada bulan tersebut dikarenakan masih nuansa Hari Raya Idul Fitri. Namun, hal itu bukan sebuah alasan untuk tidak bekerja karena jadual dan tanggung jawab sudah ditetapkan. Kinerja karyawan dipengaruhi oleh beberapa faktor, budaya perusahaan salah satunya. Syafia Plaza Jember menerapkan beberapa budaya, seperti teknologi (fingerprint dan komputerisasi), pakaian seragam, doa bersama, briefing, pemberian kompensasi, budaya 6S (senyum, salam, sapa, sopan, santun, dan Syafia), musik nuansa Islami terdengar ketika konsumen masuk ke dalam toko, dan spesifikasi produk yang tertata di dalam toko. Namun, budaya perusahaan tersebut belum berjalan optimal. Hasil observasi pendahuluan menunjukkan bahwa masih ada karyawan yang terlambat datang bekerja dan memakai sandal waktu bekerja. Hal tersebut berdampak pada ketidaketisan saat konsumen datang dan terbengkalainya tanggung jawab yang dibebankan kepada karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial dan simultan pengaruh budaya perusahaan terhadap kinerja karyawan di Syafia Plaza Jember. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penentuan sampel menggunakan rumus dari Isaac dan Michael dan didapatkan sampel sebanyak 32 responden. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Lokasi penelitian berada di Syafia Plaza Jember yang beralamat di Jl. Jawa No. 88 Jember. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan kuesioner untuk memperoleh data primer, sedangkan dokumentasi untuk memperoleh data sekunder. Penelitian ini menggunakan beberapa alat analisis, yakni uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76595
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5612]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository