Show simple item record

dc.contributor.advisorWijaya, Dodi
dc.contributor.advisorPurwandari, Retno
dc.contributor.authorSAROSA, Indra
dc.date.accessioned2016-08-16T06:05:31Z
dc.date.available2016-08-16T06:05:31Z
dc.date.issued2016-08-16
dc.identifier.nim122310101073
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76552
dc.description.abstractPendidikan tinggi keperawatan merupakan salah satu unsur penting didalam profesi keperawatan yang dapat membantu agar profesi keperawatan menjadi terarah dan berkembang dengan baik (Murwani, 2008). Pendidikan tinggi keperawatan memiliki memiliki berbagai jenis dan jenjang, salah satunya adalah pendidikan profesi ners yang harus diikuti oleh mahasiswa setelah mendapatkan gelar Sarjana Keperawatan (S. Kep). Kedua tahap pendidikan keperawatan ini harus diikuti oleh mahasiswa, dikarenakan keduanya merupakan tahapan pendidikan yang terintegrasi yang tidak dapat dipisahkan antara satu sama lain. Keikutsertaan seorang mahasiswa dalam melanjutkan pendidikan tinggi (pendidikan profesi ners) di pengaruhi oleh persepsi dan motivasi yang dimiliki (Rangkuti, 2006). Persepsi dan motivasi yang baik dari mahasiswa akan menjadi modal penting dalam keikutsertaan mengikuti program pendidikan profesi ners. Persepsi dan motivasi seseorang dipengaruhi oleh pengetahuan yang dimiliki sehingga untuk meningkatkan persepsi dan motivasi maka pengetahuannya perlu ditingkatkan terlebih dahulu dengan memberikan sosialisasi (Ekaprasetya, 2013). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pemberian paket sosialisasi terhadap persepsi dan motivasi tentang pendidikan profesi ners di PSIK Universitas Jember. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasy experiment dengan metode pendekatan nonrandomized control group pretest and postest design. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah total sampling. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling yaitu total sampling dengan jumlah sampel 2 yaitu kelompok perlakuan dan kelompok kontrol dengan besar sampel sebanyak 74 mahasiswa yang terbagi menjadi 37 mahasiswa pada masing-masing kelompok. Mahasiswa yang menjadi responden berasal dari angkatan reguler 2012 dan program alih jenis. Pengumpulan data menggunakan kuesioner karakteristik responden, persepsi tentang pendidikan profesi ners, dan motivasi mahasiswa melanjutkan pendidikan profesi ners. Analisis data menggunakan uji wilcoxon dan mann whitney. Uji wilcoxon digunakan untuk mengetahui persepsi dan motivasi sebelum dan setelah dilakukan pemberian paket sosialisasi pada kelompok perlakuan serta persepsi dan motivasi sebelum dan setelah pada kelompok kontrol. Uji mann whitney digunakan untuk mengetahui perbedaan persepsi dan motivasi antara kelompok yang mendapat paket sosialisasi dan kelompok yang tidak mendapat paket sosialisasi. Hasil analisis menggunakan uji wilcoxon diperoleh nilai p pada kelompok perlakuan sebesar (pVpersepsi = 0,000; pVmotivasi = 0,000) dan (pVpersepsi = 0,083; pVmotivasi = 1,000) pada kelompok kontrol. Nilai p pada kelompok perlakuan < α (α = 0,05) yang berarti ada perbedaan persepsi dan motivasi sebelum dan sesudah pemberian paket sosialisasi pada kelompok perlakuan dan tidak ada perbedaan persepsi dan motivasi saat penilaian awal dan penilaian akhir pada kelompok kontrol. Hasil analisis data menggunakan uji mann whitney diperoleh nilai p < α (α = 0,05) yaitu sebesar (pVpersepsi = 0,000; pVmotivasi = 0,000) yang berarti ada perbedaan persepsi dan motivasi antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol, atau dengan kata lain ada pengaruh pemberian paket sosialisasi terhadap persepsi dan motivasi. Kesimpulan pada penelitian ini adalah ada pengaruh pemberian paket sosialisasi terhadap persepsi dan motivasi tentang pendidikan profesi ners di PSIK Universitas Jember. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan institusi pendidikan dapat memberikan sosialisasi tentang pendidikan profesi ners sejak mahasiswa masuk pertama kali atau dapat dilaksanakan saat Pengenalan Kehidupan Kampus (PK2) berlangsung, sehingga mahasiswa memiliki gambaran riil tentang proses pendidikan profesi ners sehingga dalam menempuh proses pemelajaran mahasiswa telah memiliki persepsi dan motivasi yang baiken_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPersepsien_US
dc.subjectMotivasien_US
dc.subjectNearsen_US
dc.titlePENGARUH PEMBERIAN PAKET SOSIALISASI TERHADAP PERSEPSI DAN MOTIVASI TENTANG PENDIDIKAN PROFESI NERS DI PSIK UNIVERSITAS JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record