PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN BERDASARKAN LAGU ANAK-ANAK PADA SISWA KELAS III SDN 9 BARUREJO SILIRAGUNG BANYUWANGI
Abstract
Penerapan langkah-langkah media lagu anak-anak yang dapat meningkatkan
keterampilan menulis karangan pada siswa kelas III SDN 9 Barurejo,
Siliragung Banyuwangi tahun pelajaran 2015/2016 dilakukan dalam siklus 1
dan siklus 2. Pelaksanaan siklus 1 sudah berjalan dengan baik, namun ada
beberapa kekuranganya yang diperbaiki pada siklus 2 yaitu pemilihan
kosakata dilakukan dengan penggunaan lagu yang berbeda dan penambahan
lagu, penggunaan ejaan (tanda baca dan huruf kapital) dengan memberikan
penjelasan materi lagi dan membimbing siswa agar siswa benar-benar paham,
penulisan kerangka karangan dengan pemberian angka atau point-point
kemudian dikembangkan, diberikan penjelasan kriteria penilaian agar siswa
tahu apa yang dinilai dalam keterampilan menulis sehingga dapat menuliskan
karangan dengan baik dan benar, pemberian reward dilakukan untuk
memancing siswa agar menyelesaikan tugas dengan tertib dan tepat waktu.
Setelah dilakukan perbaikan dapat dibuktikan bahwa terjadi peningkatan
keterampilan menulis karangan siswa dari siklus 1 dan ke siklus 2. Peningkatan keterampilan menulis karangan pada siswa kelas III SDN 9
Barurejo, Siliragung Banyuwangi setelah diterapkannya pembelajaran
menggunakan media lagu anak-anak dapat dilihat dari rata-rata nilai hasil
keterampilan menulis karangan siswa yaitu pada tahap prasiklus (60,46),
siklus 1 (65,57), dan siklus 2 (74,8). Selain itu juga dapat dilihat dari
presentase keterampilan menulis karangan siswa secara klasikal yaitu pada
tahap prasiklus hanya 14 (54%) siswa yang diatas KKM, kemudian meningkat
pada tahap siklus satu yaitu 19 (73%) siswa diatas KKM dan terakhir pada
tahap siklus 2 yaitu terdapat 22 (85%) siswa diatas KKM. Dari keterangan di
atas dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan media lagu anak-anak
keterampilan menulis karangan siswa kelas III SDN 9 Barurejo, Siliragung
Banyuwangi dapat meningkat.