• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPSPOKOK BAHASAN PERJUANGAN PARA TOKOH PERJUANGAN PADA MASA PENJAJAHAN BELANDA DAN JEPANG DI SDN KERTOSARI 01 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Iga Ayu Widariyati - 120210204088.pdf (1.532Mb)
    Date
    2016-08-16
    Author
    Widariyati, Iga Ayu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan di SDN Jember Lor selama ±3 bulan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental sebenarnya atau true experimental dengan pola pre-test post-test control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA dan VB SDN Kertosari 01 Jember. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Data yang digunakan untuk uji homogenitas adalah nilai ulangan siswa kelas VA dan VB. Hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS mendapatkan harga 𝑡0 = 0,502 selanjutnya harga 𝑡0 dikonsultasikan dengan harga 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 , diketahui 𝑑𝑏 = 36 pada taraf signifikansi 5% sehingga nilai 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 2,013. Nilai 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 2,013 dan nilai 𝑡0 = 0,502 maka 𝑡0 < 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 0,502< 2,013. Tidak ada perbedaan mean yang signifikan antara kelas VA dan VB, hal ini menunjukkan tingkat kemampuan awal siswa sebelum diberikan perlakuan adalah homogen. Langkah selanjutnya pengundian untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Hasil Penelitian nilai rata-rata beda pre-test dan post-test pada kelas eksperimen sebesar 14,9130 sedangkan nilai rata-rata beda pre-test dan post-test pada kelas kontrol sebesar 9,0000. Hasil perhitungan dengan rumus uji-t menggunakan program SPSS diperoleh harga 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 2,720 dikonsultasikan dengan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan db= 36 pada taraf signifikansi 5% sehingga memperoleh 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 2,013. Analisis diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 2,720> 2,013 jadi hipotesis nihil (𝐻0) ditolak dan hipotesis alternatif (𝐻𝑎 ) diterima. Hasil ER sebesar 49,45% sehingga dapat disimpulkan bahwa pencapaian hasil belajar siswa kelas VA yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) menunjukkan hasil lebih efektif 49,45% dibandingkan dengan kelas VB yang menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Jadi kesimpulan ada pengaruh yang signifikan penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan para tokoh perjuangan pada masa penjajahan Belanda dan Jepang di SDN Kertosari 01 Jember. Model pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) disarankan bagi guru dan bagi pihak sekolah, digunakan sebagai bahan pertimbangan salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), bagi peneliti, mengetahui ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) terhadap hasil belajar, bagi peneliti lain, diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan atau referensi untuk mengadakan penelitian sejenis dengan bahasan yang berbeda.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76538
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository