PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PETA KONSEP BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS DI SDN JEMBER LOR 05 JEMBER
Abstract
Pendidikan IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang dapat memberikan
wawasan pengetahuan yang luas mengenai masyarakat lokal maupun global sehingga
mampu hidup bersama-sama dengan masyarakat lainnya. Pembelajaran IPS di
Sekolah Dasar memberikan pengetahuan dasar keterampilan sebagai media pelatihan
bagi siswa sebagai warga negara sedini mungkin. Salah satu upaya untuk memenuhi
tujuan pendidikan pada mata pelajaran IPS yaitu menciptakan proses pembelajaran
yang menyenangkan sehingga materi yang disampaikan dapat diterima siswa dengan
mudah. Pada kenyataannya, berdasarkan hasil dokumen, angket, dan wawancara awal
dengan guru dan siswa bahwa proses pembelajaran IPS belum terlaksana dengan
optimal. Terdapat beberapa kendala yang terdapat dalam proses pembelajaran
misalnya kurangnya ketertarikan siswa terhadap pembelajaran IPS, siswa kurang
memperhatikan penjelasan guru, hingga hasil belajar siswa yang belum optimal.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimanakah penerapan
strategi pembelajaran Peta Konsep berbantuan media gambar dapat meningkatkan
motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV Mata Pelajaran IPS di SDN Jember Lor 05
Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi
pembelajaran Peta Konsep berbantuan media gambar pada siswa kelas IV mata
pelajaran IPS di SDN Jember Lor 05 Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jember Lor 05 Semester Genap Tahun
Pelajaran 2015/2016 dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV yang berjumlah
37 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Jenis penelitian
yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan ran penelitian yang terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,
dan refleksi. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah dokumen, wawancara, angket, dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata motivasi belajar siswa pra
siklus sebesar 55,7 meningkat pada siklus I sebesar 69,0 meningkat lagi menjadi 79,2
pada siklus II. Artinya motivasi belajar siswa dari pra siklus ke siklus I mengalami
peningkatan sebesar 13,3%, sedangkan dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar
10,2%. Rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal pada pra siklus sebesar 60,32
meningkat sebesar 6,51 menjadi 66,83 pada siklus I, dan meningkat lagi sebesar 7,81
menjadi 74,64 pada siklus II.
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran Peta
Konsep berbantuan media gambar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar
siswa kelas IV Mata Pelajaran IPS di SDN Jember Lor 05 Tahun Pelajaran
2015/2016. Saran dalam penelitian ini yaitu hendaknya strategi pembelajaran Peta
Konsep berbantuan media gambar dapat menjadi alternatif bagi guru untuk
diterapkan dalam pembelajaran di kelas agar motivasi dan hasil belajar siswa lebih
optimal dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Bagi peneliti lain diharapkan
penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber rujukan untuk mengembangkan
penelitian lebih lanjut