PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI PANAS DAN BUNYI MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS IV SDN SUMBERSARI 03 TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Pemilihan metode pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran
IPA sangat diperlukan agar materi yang disampaikan dapat diterima siswa dengan
baik, dan proses pembelajaran lebih efektif sehingga hasil belajar siswa
meningkat. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN Sumbersari 03
Jember diketahui bahwa proses pembelajaran IPA berlangsung satu arah, interaksi
berpusat pada guru dan aktivitas belajar siswa masih berada pada kriteria kurang
aktif. Banyak siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru dan cenderung
tidak berani mengajukan pertanyaan apabila ada yang belum dimengerti. Kondisi
tersebut berpengaruh pada rendahnya hasil belajar siswa. Dari hasil ulangan
harian yang diperoleh dari wali kelas, hanya 27,3% atau 9 siswa dari 33 siswa
yang berhasil mencapai KKM. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka
dilakukan penelitian dengan menerapkan metode eksperimen dalam pembelajaran
IPA. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimanakah peningkatan
aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi
panas dan bunyi dengan menerapkan metode eksperimen di kelas IV SDN
Sumbersari 03 tahun pelajaran 2015/2016?. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan
untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA
pokok bahasan energi panas dan bunyi melalui penerapkan metode eksperimen di
kelas IV SDN Sumbersari 03 tahun pelajaran 2015/2016.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV-A SDN Sumbersari 03
tahun pelajaran 2015/2016 dengan total 33 siswa yang terdiri dari 15 siswa lakilaki
dan 18 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap
tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus dan
masing-masing siklus terdiri dari 1 pertemuan. Metode pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil
observasi aktivitas dan hasil belajar dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian pada siklus 1 persentase rata – rata aktivitas belajar
siswa secara klasikal sebesar 65,4% dengan kategori cukup aktif. Pada siklus 2
persentase rata – rata aktivitas belajar siswa secara klasikal sebesar 79,1% dengan
kategori aktif, mengalami peningkatan sebesar 13,7% dari siklus 1. Rata – rata
skor hasil belajar siswa juga yang terjadi peningkatan. Pada siklus 1 skor rata –
rata hasil belajar siswa sebesar 71,5 dengan kategori baik. Pada siklus 2 skor rata
– rata hasil belajar siswa sebesar 77,1 dengan kategori baik, mengalami
peningkatan sebesar 5,6 dari skor hasil belajar siklus 1.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode eksperimen
pada pembelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan bunyi dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa siswa kelas IV SDN Sumbersari 03
tahun pelajaran 2015/2016. Saran yang berkaitan dengan penerapan metode
eksperimen pada pembelajaran IPA yaitu diharapkan guru menerapkan metode
eksperimen pada pembelajaran IPA tema benda-benda di lingkungan sekitar agar
aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Guru juga hendaknya memotivasi
siswa agar memiliki keberanian untuk mengemukakan pendapatnya, selain itu
sekolah juga hendaknya memfasilitasi dan menyediakan alat bantu, media dan
bahan pembelajaran yang mendukung KBM.