• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERAN ANGGOTA KELUARGA DI SDN KENCONG 03 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Dewi Lestari - 130210204135.pdf (4.379Mb)
    Date
    2016-08-15
    Author
    Lestari, Dewi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ilmu Pengetahuan Sosial di sekolah dasar mempelajari tentang semua aspek kehidupan manusia dan interaksinya dalam masyarakat. Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial disekolah dasar memiliki peran untuk mendidik siswa mengembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam bermasyarakat. Proses penyaluran ilmu pengetahuan dari guru ke siswa terjadi pada saat proses belajar mengajar. Pemindahan ilmu dapat berlangsung dengan baik jika situasi dan kondisi kelas kondusif. Pada kenyataannya, berdasarkan observasi awal dan hasil wawancara dengan guru serta siswa bahwa proses pembelajaran kurang bervariasi sehingga motivasi dan hasil belajar siswa dalam kriteria sedang/cukup serta hasil belajar siswa juga dalam kriteria sedang/cukup. Model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match atau mencari pasangan dikembangkan oleh Lorna Curran pada tahun 1994. Siswa mencari pasangan sambil belajar mengenai suatu konsep atau topik dalam suasana yang menyenangkan. Model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match dapat memupuk kerja sama siwa dalam menjawab pertanyaan dengan mencocokkan kartu yang ada di tangan mereka, proses pembelajaran lebih menarik dan siswa lebih antusias mengikuti pembalajaran. Model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match pada pembelajaran IPS pokok bahasan peran anggota keluarga dapat menumbuhkan motivasi siswa dan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Motivasi belajar yang meningkat akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ”bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas II mata pelajaran IPS pokok bahasan peran anggota Keluarga di SDN Kencong 03 Jember Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas II melalui penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match mata pelajaran IPS Pokok bahasan peran anggota keluarga di SDN Kencong 03 Jember Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kencong 03 Jember dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas II yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan rancangan penelitian menurut Arikunto yang terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumen. Hasil penelitian skor rata-rata motivasi belajar siswa menggunakan angket pada Pra Siklus sebesar 54% meningkat pada Siklus I sebesar 71,25% meningkat lagi menjadi 82,25% pada Siklus II. Artinya motivasi belajar siswa dari pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 17,25%, sedangkan dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 11%. Rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal pada Pra Siklus sebesar 67,15 meningkat menjadi 77,40 pada siklus I. Rata-rata hasil belajar tersebut semakin meningkat lagi menjadi 81,90 pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas II mata pelajaran IPS pokok bahasan peran anggota keluarga di SDN Kencong 03 Jember semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Saran dalam penelitian ini yaitu hendaknya model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas agar motivasi dan hasil belajar siswa semakin meningkat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76464
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15465]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository