KUALITAS PELAYANAN JASA KESEHATAN PASIEN RAWAT INAP PENGGUNA BPJS DI PUSKESMAS SUMBERSARI JEMBER Quality Health Services Patient Hospitalization User BPJS In Health Center Sumbersari Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur bagaimana tingkat kualitas pelayanan
jasa kesehatan dari puskesmas Sumbersari terkhusus bagi pasien rawat inap. Kualitas
menjadi sangat penting dalam suatu pelayanan apalagi pelayanan publik, dimana
pemerintah yang menjadi fokus utama penyelenggaranya. Puskesmas Sumbersari
merupakan salah satu puskesmas induk terbesar di Kabupaten Jember, puskesmas ini
berada dibawah naungan Dinas Kesehatan Kabupaten Jember. Puskesmas sebagai
penyedia pelayan publik yaitu pelayanan jasa kesehatan harus mampu memenuhi
harapan dan tuntutan masyarakat. Masyarakat umumnya pasti memiliki keinginan
mendapat pelayanan yang cepat, tepat, tanggap, transparan tidak berbelit-belit dan
juga sikap yang baik dan ramah dari para petugas pemberi layanan.
Pada hakikatnya tingkat kepuasan hanya dapat diketahui oleh masing-masing
pasien yang bersangkutan, karena mereka lah yang merasakan layanan yang diberikan
sebab ukuran standar kualitas puskesmas belum tentu sama dengan ukuran standar
kualitas yang ditentukan oleh pelanggan. Kualitas inilah yang nantinya dapat
mempengaruhi persepsi pelanggan terhadap layanan yang mereka terima sehingga
akan berujung pada kepuasan pasien yang notaben nya adalah sebagai pelanggan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data
kuantitatif dengan metode ServQual yang digunakn untuk mengukur tingkat harapan
dan persepsi pasien terhadap pelayanan jasa yang diterima. Pengukuran tingkat
kualitas pelayanan dalma model ini didasarkan pada lima dimensi kualitas pelayanan
dan beberapa item yang dirancang untuk mengukur tingkat kualitas pelayanan Hasil ServQual dari lima dimensi berdasarkan 86 orang responden
memperoleh hasil yakni untuk dimensi bukti langsung (tangibles) hasil skor ServQual
-0,2; dimensi kehandalan (reliability) hasil skor ServQual -0,2; dimensi daya tanggap
(responsiveness) hasil skor ServQual -0,1; dimensi jaminan (assurance) hasil skor
ServQual -0,2 dan dimensi empati (Emphaty) hasil skor ServQual -0,2. Kualitas
Pelayanan jasa kesehatan pasien rawat inap pengguna BPJS di Puskesmas Sumbersari
Jember diukur dengan menggunakan model ServQual dinyatakan kualitas pelayanan
nya tidak baik karena memperoleh nilai negatif yaitu -0,3 hal ini berarti pelayanan yang dirasakan rendah.