• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    KUALITAS PELAYANAN JASA KESEHATAN PASIEN RAWAT INAP PENGGUNA BPJS DI PUSKESMAS SUMBERSARI JEMBER Quality Health Services Patient Hospitalization User BPJS In Health Center Sumbersari Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Hanna Yanty BR Sibagariang -1.pdf (3.167Mb)
    Date
    2016-08-15
    Author
    BR Sibagariang, Hanna Yanty
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengukur bagaimana tingkat kualitas pelayanan jasa kesehatan dari puskesmas Sumbersari terkhusus bagi pasien rawat inap. Kualitas menjadi sangat penting dalam suatu pelayanan apalagi pelayanan publik, dimana pemerintah yang menjadi fokus utama penyelenggaranya. Puskesmas Sumbersari merupakan salah satu puskesmas induk terbesar di Kabupaten Jember, puskesmas ini berada dibawah naungan Dinas Kesehatan Kabupaten Jember. Puskesmas sebagai penyedia pelayan publik yaitu pelayanan jasa kesehatan harus mampu memenuhi harapan dan tuntutan masyarakat. Masyarakat umumnya pasti memiliki keinginan mendapat pelayanan yang cepat, tepat, tanggap, transparan tidak berbelit-belit dan juga sikap yang baik dan ramah dari para petugas pemberi layanan. Pada hakikatnya tingkat kepuasan hanya dapat diketahui oleh masing-masing pasien yang bersangkutan, karena mereka lah yang merasakan layanan yang diberikan sebab ukuran standar kualitas puskesmas belum tentu sama dengan ukuran standar kualitas yang ditentukan oleh pelanggan. Kualitas inilah yang nantinya dapat mempengaruhi persepsi pelanggan terhadap layanan yang mereka terima sehingga akan berujung pada kepuasan pasien yang notaben nya adalah sebagai pelanggan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dengan metode ServQual yang digunakn untuk mengukur tingkat harapan dan persepsi pasien terhadap pelayanan jasa yang diterima. Pengukuran tingkat kualitas pelayanan dalma model ini didasarkan pada lima dimensi kualitas pelayanan dan beberapa item yang dirancang untuk mengukur tingkat kualitas pelayanan Hasil ServQual dari lima dimensi berdasarkan 86 orang responden memperoleh hasil yakni untuk dimensi bukti langsung (tangibles) hasil skor ServQual -0,2; dimensi kehandalan (reliability) hasil skor ServQual -0,2; dimensi daya tanggap (responsiveness) hasil skor ServQual -0,1; dimensi jaminan (assurance) hasil skor ServQual -0,2 dan dimensi empati (Emphaty) hasil skor ServQual -0,2. Kualitas Pelayanan jasa kesehatan pasien rawat inap pengguna BPJS di Puskesmas Sumbersari Jember diukur dengan menggunakan model ServQual dinyatakan kualitas pelayanan nya tidak baik karena memperoleh nilai negatif yaitu -0,3 hal ini berarti pelayanan yang dirasakan rendah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76428
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5665]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository