dc.description.abstract | Kemampuan motorik halus anak yaitu kemampuan anak untuk
menggerakkan jemari tangan dan pergelangan tangan yang disertai koordinasi mata
untuk melakukan suatu kegiatan. Kemampuan motorik halus ini berperan penting
dalam kehidupan sehari-hari anak karena berhubungan dengan gerak anak. Sesuai
dengan tahap perkembangan motorik halus anak usia >4-5 tahun anak mampu
menempel, menyusun puzzle, mencoblos kertas dengan pensil dan spidol, mewarnai
dengan rapi, mengancingkan baju, menggambar dengan gerakan naik turun (gunung
atau bukit), menarik garis lurus, lengkung dan miring, melempar dan menangkap bola
dan melipat kertas.
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada kelompok A TK Dharma
Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016, dapat
diketahui bahwa kemampuan motorik halusnya rendah, melipat memang sudah
diterapkan pada pembelajaran namun pembelajaran masih belum optimal sehingga
hasilnya tidak maksimal. Hal ini menyebabkan dari 20 anak hanya 7 anak yang
berkembang dengan optimal, sedangkan 13 anak belum berkembang dengan baik.
Dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus anak masih rendah, sehingga
perlu ditingkatkan dengan menggunakan kegiatan melipat yang lebih menarik untuk
anak.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimanakah penerapan
kegiatan melipat untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran
2015/2016?; dan 2) Bagaimanakah peningkatan kemampuan motorik halus anak
kelompok A melalui kegiatan Melipat diTK Dharma Indria I Kecamatan Patrang
Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?. Berdasarkan rumusan masalah,
maka tujuan penelitian yaitu: 1) Mendeskripsikan penerapan kegiatan melipat dalam
meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok A TK Dharma Indria I
Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016; dan 2)
Meningkatkan kemampuan motorik halus anak Kelompok A TK Dharma Indria I
Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 melalui kegiatan
melipat.
Penelitian dilakukan di TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten
Jember. Subjek penelitian dalam penelitian adalah anak kelompok A TK Dharma
Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember yang berjumlah 20 anak, yang terdiri
dari 11 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Jenis penelitian yang dilakukan adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model penelitian oleh
Arikunto. Setiap siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan
refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara,
dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan
kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan melipat dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang
Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Saran bagi guru yaitu hendaknya
guru menggunakan kertas lipat yang mudah digunakan untuk anak melipat serta
menggunakan media kertas yang lebih bervariasi. Bagi kepala sekolah, sebaiknya
hasil penelitian ini diinformasikan kepada guru-guru lain untuk dijadikan variasi
dalam pembelajaran melipat serta menyarankan kepada guru untuk menggunakan
variasi kegiatan yang lebih menarik dalam proses pembelajaran. Saran bagi peneliti
lain yaitu penelitian ini dapat dijadikan acuan atau referensi terhadap penelitian yang
serupa terutama pada penelitian untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak. | en_US |