• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN DAUR AIR DI SDN SUMBERDANTI 01 SUKOWONO, JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011 – 2012

    Thumbnail
    View/Open
    WINDY KM [080210204022]_1.pdf (230.7Kb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    Windy Kartika Martiningtyas
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V di SDN Sumberdanti 01 Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember, menggambarkan bahwa pada kondisi awal guru masih menerapkan metode konvensional yang mengakibatkan pembelajaran bersifat monoton sehingga suasana pembelajaran terasa membosankan. Siswa senang berbicara sendiri saat guru menerangkan dan motivasi belajar siswa rendah, sehingga hasil belajar siswa tidak tercapai secara maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN Sumberdanti 01 Kecamatan Sukowono, pada semester genap tahun pelajaran 2011 – 2012 dengan menggunakan rancangan penelitian model Hopkins. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sejumlah 21 orang siswa. Pelaksanaan pembelajaran dimulai tanggal 24 Februari 2012 sampai 7 Maret 2012. Analisis data hasil observasi motivasi belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 14,64. Motivasi belajar siswa pada siklus I termasuk kategori tinggi dengan skor rata-rata 77,26 dan meningkat menjadi sangat tinggi dengan skor rata-rata 91,90 di siklus II. Analisis data hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan sebesar 28,57% dari siklus I ke siklus II. Persentase hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 57,14% Kesimpulan dari penelitian ini adalah:
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7640
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository