• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN PERKEMBANGAN SOSIAL DAN EMOSIONAL MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ASY-SYAFA’AH KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    Sulistiyorini - 120210205044-1.pdf (1.732Mb)
    Date
    2016-08-11
    Author
    SULISTIYORINI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil observasi dan wawancara ditemukan bahwa perkembangan sosial dan emosional anak rendah. Hal ini disebabkan oleh kegiatan pengembangan sosial dan emosional menggunakan metode yang kurang bervariasi. Hanya 56,9% anak yang memiliki perkembangan sosial sesuai kriteria dan 54,5% anak yang memiliki perkembangan emosi sesuai kriteria. Selain itu, anak-anak kurang dapat mengembangkan kasih sayang terhadap sesama teman, sikap percaya diri, rasa tanggung jawab, dan disiplin. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa perlu adanya variasi metode pembelajaran dalam perkembangan sosial dan emosional, metode yang dimaksud yaitu metode bermain peran. Melalui metode bermain peran diharapkan perkembangan sosial dan emosional anak akan meningkat. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah penerapan metode berman peran dalam meningkatkan perkembangan sosial dan emosional anak kelompok A di TK Asy-Syafa’ah Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?; 2) Bagaimanakah meningkatkan perkembangan sosial anak kelompok A di TK Asy-Syafa’ah Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?; dan 3) Bagaimanakah meningkatkan perkembangan emosional anak kelompok A di TK Asy-Syafa’ah Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan metode bermain peran dalam meningkatkan perkembangan sosial emosional pada anak kelompok A TK Asy-Syafa’ah Jember; 2) Meningkatkan perkembangan sosial melalui penerapan metode bermain peran pada anak kelompok A TK Asy-Syafa’ah Jember; dan 3)
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76397
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository