dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses, menghasilkan produk, serta mengetahui interpretasi hasil uji coba produk pengembangan soal matematika model TIMSS menggunakan aplikasi interaktif berbasis android untuk siswa kelas VIII.
Proses pengembangan soal matematika model TIMSS menggunakan aplikasi interaktif berbasis android untuk siswa kelas VIII dimulai dengan mengembangkan soal TIMSS yang telah divalidasi oleh 2 pakar matematika. Hasil dari pengembangan soal matematika model TIMSS menggunakan aplikasi interaktif berbasis android untuk siswa kelas VIII yaitu diperoleh 20 soal berdasarkan hasil analisis perbandingan penilaian kedua validator yang dimasukkan dalam aplikasi. Selanjutnya dilakukan tahap analisis, tahap desain, tahap kode, dan tahap tes. Setelah aplikasi berhasil dijalankan maka dilakukan validasi produk oleh 3 validator. Persentase yang didapat dari penilaian ketiga validator adalah 90% dengan kualifikasi sangat baik.
Interpretasi hasil uji coba pengembangan soal matematika model TIMSS menggunakan aplikasi interaktif berbasis android untuk siswa kelas VIII dilakukan oleh 2 guru Matematika dan 30 siswa kelas VIII. Hasil angket penilaian kualitas aplikasi berbasis Android oleh guru cukup tinggi. Adapun total nilai keseluruhan adalah 91,76% dengan kualifikasi sangat baik. Untuk hasil angket respon siswa, didapat persentase rata-rata 75,89% dengan kualifikasi baik menurut tabel analisis persentase. | en_US |