• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS DI SDN TEGALGEDE 02 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Zahrotul Mufidah Ali - 120210204058-1.pdf (3.445Mb)
    Date
    2016-08-11
    Author
    ALI, Zahrotul Mufidah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil penelitian yang diperoleh selama pelaksanaan siklus I dan II menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Tegalgede 02 Jember meningkat dengan menerapkan model cooperative learning tipe numbered heads together (NHT) pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi. Skor rata-rata klasikal motivasi belajar siswa pada siklus 1 belum mengalami peningkatan kriteria, hanya terjadi peningkatan skor dari pra siklus sebesar 16 dari 52 (cukup) menjadi 68 (cukup). Pada siklus 2 motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 sebesar 9 dari 68 (cukup) menjadi 77 (tinggi). Skor rata-rata klasikal hasil belajar siswa pada siklus 1 belum mengalami peningkatan kriteria, hanya terjadi peningkatan skor dari pra siklus sebesar 7 dari 62 (cukup) menjadi 69 (cukup). Pada siklus 2 hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 sebesar 7 dari 69 (cukup) menjadi 76 (baik). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model cooperative learning tipe numbered heads together (NHT) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi di SDN Tegalgede 02 Jember. Saran bagi guru, diharapkan model cooperative learning tipe numbered heads together (NHT) dapat dijadikan bahan pertimbangan variasi model pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, sedangkan bagi peneliti selanjutnya yang akan menggunakan model cooperative learning tipe numbered heads together (NHT), agar mempersiapkan keperluan yang dibutuhkan dalam penelitian dengan matang supaya memperoleh hasil yang maksimal.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76359
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository