KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 JEMBER
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan
rancangan kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa nilai yang
diperoleh berdasarkan teks eksposisi yang dikerjakan oleh siswa. Sumber data
penelitian ini yakni teks eksposisi yang ditulis siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes unjuk kerja siswa berupa perintah/tugas menulis teks eksposisi
berdasarkan tayangan berupa video tentang kegiatan pramuka. Metode analisis data
terdiri atas lima proses kegiatan yaitu: (1) pengkoreksian, (2) penilaian, (3)
perhitungan, dan (4) pengkualifikasian.
Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa kemampuan siswa kelas VII
SMP Negeri 3 Jember dalam menulis teks eksposisi tergolong dalam kategori yang
baik. Skor rata – rata yang diperoleh adalah 75. Dari 35 siswa yang berada di kelas
tersebut, sebagian besar (34,5 %) memiliki kemampuan dalam kategori baik.
Sementara selebihnya berkategori sangat baik (28,5 %), berkategori cukup (28,5 %)
dan berkategori kurang (8,5 %). Skor rata – rata dalam aspek struktur adalah 46.6.
Skor rata – rata dalam aspek kebahasaan: (a) penggunaan konjungsi adalah 7,342; (b)
penggunaan kalimat tunggal dan kalimat majemuk adalah 7,771. Skor rata – rata
dalam aspek ejaan: (a) penggunaan huruf kapital adalah 6,971; (b) penggunaan tanda
baca adalah 6,828.