• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI DENGAN PETA KONSEP TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA (Pokok Bahasan Ekosistem Kelas VII SMPN 11 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016)

    Thumbnail
    View/Open
    Sakalus Wepe 120210103046-1.pdf (3.811Mb)
    Date
    2016-08-11
    Author
    Wepe, Sakalus
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini antara lain: (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi dengan peta konsep terhadap motivasi belajar siswa, (2) untuk mengetahuai pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi dengan peta konsep terhadap hasil belajar siswa, (3) untuk mengetahui korelasi motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMPN 11 Jember pada kelas VII B (kelas kontrol) dan kelas VII C (kelas eksperimen) tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen. Teknik analisis data terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kognitif siswa yaitu dengan ANAKOVA, Independent t-test terhadap hasil belajar afektif, serta analisis korelasi Product Moment terhadap korelasi antara motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian pada kelas dengan pembelajaran artikulasi dengan peta konsep berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai probabilitas 0,000 atau (p) < 0,05. Rerata selisih motivasi awal dan akhir siswa kelas eksperimen lebih tinggi yakni sebesar 5,30 dibandingkan rerata selisih siswa kelas kontrol yakni 1,34. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi dengan peta konsep terhadap hasil belajar kognitif dan afektif siswa berpengaruh secara signifikan dengan nilai probabilitas lebih kecil dari 0,05 (p=0,000<0,05). Selisih rerata pre-test dengan post-test hasil belajar kognitif siswa sebesar 16,18 pada kelas eksperimen dan sebesar 8,76 pada kelas kontrol, sedangkan rerata hasil belajar afektif pada kelas eksperimen sebesar 81,90 dengan kriteria sangat baik dan hasil belajar afektif pada kelas kontrol sebesar 59,60 dengan kriteria kurang baik. Dari hasil analisis korelasi diperoleh nilai sebesar 0,000 atau (p) < 0,05 yang berarti bahwa terdapat korelasi antara motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi dengan peta konsep terhadap motivasi belajar siswa, hasil belajar kognitif dan hasil belajar afektif siswa secara signfikan, serta terdapat korelasi antara motivasi dan hasil belajar siswa secara signfikan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76331
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository