• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Kerja Karyawan PT Bank “X” Cabang Jember (Studi Kasus Pada Karyawan PT Bank “X” Cabang Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    Miwisa Ayu Deviani - 090810201054_1.pdf (175.9Kb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    Miwisa Ayu Deviani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Faktor ekonomi merupakan faktor yang paling penting dan mendasar dalam mengatasi segala hal persoalan yang timbul di Negara ini. Dengan perekonomian yang baik maka segala bentuk permasalahan dapat diselesaikan sedikit demi sedikit. Seperti halnya dalam dunia perbankan pada saat ini, persaingan yang sangat ketat dan banyaknya pergolakan juga terjadi. Dalam menghadapi persaingan yang semakin lama semakin ketat antar bank, maka pihak bank harus mampu mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang berpotensi dan bernilai unggul. Dalam dunia kerja saat ini, tidak hanya kecerdasan intelektual saja yang dibutuhkan tetapi kecerdasan emosional juga dapat berpengaruh untuk menunjang prestasi kerja seseorang. Kecerdasan emosional seseorang dapat ditunjukan dengan cara seseorang berinteraksi dengan lingkungannya. Sumber daya manusia yang berpotensi akan memberikan keuntungan banyak bagi perusahaan dan dapat membantu berjalannya kegiatan bisnis khususnya dunia perbankan, karena tidak dapat dipungkiri bahwa Sumber Daya Manusia disini adalah penggerak bagi jalannya perekonomian. Pemilihan Sumber Daya Manusia yang tepat dan professional dapat membantu perusahaan bertahan bahkan dapat bersaing dengan perusahaan perbankan lainnya. Agar dapat tercapai hal tersebut maka perlu adanya suatu penerapan yaitu penerapan Kecerdasan Emosional para karyawan agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana Kecerdasan Emosional itu dapat berpengaruh pada Prestasi Kerja Kayawan PT Bank “X”. Kecerdasan Emosional disini meliputi Self Awareness, Self Regulation, Motivation, Empathy, Social Skills. Tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tekhnik analisis statistic Multiple Regression Analysis dengan menggunakan SPSS versi 13.00 for windows untuk mengetahui pengaruh variabel kecerdasan emosional secara simultan dan parsial terhadap prestasi kerja karyawan PT Bank X Cabang Jember. Selain itu untuk mengetahui diantara variabel-variabel kecerdasan emosional tersebut manakahyang mempunyai pengaruh dominan. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data Primer dalam penelitian ini adalah dari hasil wawancara dan kuesioner dengan 63 responden. vii Dan data Sekunder pada penelitian ini adalah sumber sumber dari artikel, internet, jurnal dan bacaan. Berdasarkan hasil dari perhitungan menggunakan analisis regresi linier berganda, maka dihasilkan model persamaan regresi linier berganda, yaitu: Y = 0,144X 1 + 0,211X 2 + 0,220X 3 + 0,219X viii 4 + 0,235X 5 Dari hasil analisis diatas diketahui bahwa kesadaran diri, pengendalian diri, motivasi diri, empati, dan keterampilan sosial secara serempak memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi kerja karyawan Bank X. Kelima variabel kecerdasan emosional tersebut memiliki determinasi yang tinggi terhadap perubahan prestasi kerja yaitu sebesar 87%. Hal ini mengindikasikan bahwa kecerdasan emosional karyawan Bank X merupakan faktor yang sangat penting dalam meningkatkan prestasi kerja. Dan secara parsial hasil pengujian Self Awareness terhadap prestasi kerja mempunyai pengaruh sebesar 0,144, Self Regulation terhadap prestasi kerja mempunyai pengaruh sebesar 0,211, Motivation terhadap prestasi kerja mempunyai pengaruh sebesar 0,220, Empathy terhadap prestasi kerja mempunyai pengaruh sebesar 0,219, Social Skills terhadap prestasi kerja mempunyai pengaruh sebesar 0,235. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Social Skills yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap prestasi kerja.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7633
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12397]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository