PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA KIT IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN AMBULU 01 – JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Proses pembelajaran IPA di sekolah dasar menunjukkan bahwa pembelajaran
yang dilakukan bersifat teacher centered, sehingga siswa hanya menerima materi
secara pasif. Pembelajaran IPA seharusnya bisa dilakukan dengan menggunakan
berbagai metode dan media pembelajaran, tetapi dilakukan secara konvensional
sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Alat-alat pelajaran adalah salah
satu faktor ekstern yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Dengan alat-alat pelajaran
yang lengkap dan tepat akan memperlancar penerimaan materi yang diberikan kepada
siswa sehingga belajarnya akan menjadi lebih giat dan lebih maju. Alat pelajaran
yang dapat digunakan berupa alat peraga kit IPA. Alat peraga kit IPA adalah
perangkat atau perlengkapan untuk keperluan khusus yang akan digunakan sebagai
alat peraga dalam kegiatan pembelajaran ilmu pengetahuan alam. Rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah “apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan alat
peraga kit IPA terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas V SDN Ambulu
01 – Jember tahun pelajaran 2011/2012?.” Tujuan dari penelitian ini adalah “untuk
mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan alat peraga kit IPA terhadap hasil
belajar siswa mata pelajaran IPA kelas V SDN Ambulu 01 – Jember tahun pelajaran
2011/2012.”
Penelitian eksperimental dengan menggunakan desain pre-test post-test control
group design ini dilaksanakan di SDN Ambulu 01 - Jember kelas V dengan teknik
purposive sampling. Populasi penelitian adalah siswa kelas V dengan rincian kelas V-
A 31 siswa, V-B 36 siswa, V-C 28 siswa. Dari hasil perhitungan F diperoleh harga
= 1,82, harga
ini dikonsultasikan dengan harga
= 2
dan
= 92 pada taraf signifikansi 5% adalah 3,10. Nilai
(1,82 3,10). Hal ini berarti
dengan
(hipotesis nihil) yang diajukan ditolak dan
(Hipotesis alternatif) diterima, yang menunjukkan kemampuan siswa kelas V SD
Negeri Ambulu 01 – Jember sebelum diadakan penelitian adalah homogen. Setelah
dilakukan uji homogenitas, dilakukan penentuan sampel menggunakan metode
cluster random sampling sehingga diperoleh kelas V-A sebagai kelas eksperimen dan
kelas V-B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test. Diperoleh harga
=
2,84. Harga
=
ini dikonsultasikan dengan harga
dengan db =
- 2
= 65, pada taraf signifikansi 5% diperoleh dan harga
1,998. Nilai
"
(2,84"1,998) sehingga hipotesis nihil #$
+
!
% ditolak dan hipotesis kerja #$
%
diterima. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan
penggunaan alat peraga kit IPA terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas
V SDN Ambulu 01 – Jember tahun pelajaran 2011/2012. Berdasarkan hasil observasi
dan wawancara, alat peraga kit IPA dapat mengaktifkan siswa dan meningkatkan
motivasi belajar, pembelajaran yang bersifat abstrak menjadi lebih konkrit, mengatasi
keterbatasan ruang dengan memodifikasi alat peraga dan pembelajaran menjadi lebih
bermakna sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan
penggunaan alat peraga kit IPA terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas
V SDN Ambulu 01 - Jember tahun pelajaran 2011/2012. Saran bagi guru, penelitian
ini hendaknya digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengelolaan
pembelajaran mata pelajaran IPA. Bagi sekolah hendaknya dapat dijadikan sebagai
bahan evaluasi dan pedoman dalam meningkatkan mutu pendidikan khususnya di SD
Negeri Ambulu 01. Bagi peneliti lain, hendaknya dapat digunakan sebagai bahan
referensi untuk penelitian lebih lanjut.