• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA KIT IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN AMBULU 01 – JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Tyas April Lia - 080210204044_1.pdf (125.8Kb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    Tyas April Lia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses pembelajaran IPA di sekolah dasar menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan bersifat teacher centered, sehingga siswa hanya menerima materi secara pasif. Pembelajaran IPA seharusnya bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai metode dan media pembelajaran, tetapi dilakukan secara konvensional sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Alat-alat pelajaran adalah salah satu faktor ekstern yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Dengan alat-alat pelajaran yang lengkap dan tepat akan memperlancar penerimaan materi yang diberikan kepada siswa sehingga belajarnya akan menjadi lebih giat dan lebih maju. Alat pelajaran yang dapat digunakan berupa alat peraga kit IPA. Alat peraga kit IPA adalah perangkat atau perlengkapan untuk keperluan khusus yang akan digunakan sebagai alat peraga dalam kegiatan pembelajaran ilmu pengetahuan alam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan alat peraga kit IPA terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas V SDN Ambulu 01 – Jember tahun pelajaran 2011/2012?.” Tujuan dari penelitian ini adalah “untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan alat peraga kit IPA terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas V SDN Ambulu 01 – Jember tahun pelajaran 2011/2012.” Penelitian eksperimental dengan menggunakan desain pre-test post-test control group design ini dilaksanakan di SDN Ambulu 01 - Jember kelas V dengan teknik purposive sampling. Populasi penelitian adalah siswa kelas V dengan rincian kelas V- A 31 siswa, V-B 36 siswa, V-C 28 siswa. Dari hasil perhitungan F diperoleh harga = 1,82, harga ini dikonsultasikan dengan harga = 2 dan = 92 pada taraf signifikansi 5% adalah 3,10. Nilai (1,82 3,10). Hal ini berarti dengan (hipotesis nihil) yang diajukan ditolak dan (Hipotesis alternatif) diterima, yang menunjukkan kemampuan siswa kelas V SD Negeri Ambulu 01 – Jember sebelum diadakan penelitian adalah homogen. Setelah dilakukan uji homogenitas, dilakukan penentuan sampel menggunakan metode cluster random sampling sehingga diperoleh kelas V-A sebagai kelas eksperimen dan kelas V-B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test. Diperoleh harga = 2,84. Harga = ini dikonsultasikan dengan harga dengan db = - 2 = 65, pada taraf signifikansi 5% diperoleh dan harga 1,998. Nilai " (2,84"1,998) sehingga hipotesis nihil #$ + ! % ditolak dan hipotesis kerja #$ % diterima. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan alat peraga kit IPA terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas V SDN Ambulu 01 – Jember tahun pelajaran 2011/2012. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, alat peraga kit IPA dapat mengaktifkan siswa dan meningkatkan motivasi belajar, pembelajaran yang bersifat abstrak menjadi lebih konkrit, mengatasi keterbatasan ruang dengan memodifikasi alat peraga dan pembelajaran menjadi lebih bermakna sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan penggunaan alat peraga kit IPA terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas V SDN Ambulu 01 - Jember tahun pelajaran 2011/2012. Saran bagi guru, penelitian ini hendaknya digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengelolaan pembelajaran mata pelajaran IPA. Bagi sekolah hendaknya dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dan pedoman dalam meningkatkan mutu pendidikan khususnya di SD Negeri Ambulu 01. Bagi peneliti lain, hendaknya dapat digunakan sebagai bahan referensi untuk penelitian lebih lanjut.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7631
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository