• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN SOSIAL DAN EMOSIONAL ANAK KELOMPOK AI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL (BALAP KARUNG, KELERENG DAN LOMPAT TALI) DI TK DHARMA INDRIA II SUMBERSARI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI TSALITSATUL MAS'UDAH 120210205014 -1.pdf (4.345Mb)
    Date
    2016-08-10
    Author
    MAS'UDAH, Tsalitsatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan sosial dan emosional merupakan kemampuan anak dalam bersosialisasi dengan sesama teman. Anak kelompok AI seharusnya sudah mampu bersosialisasi, berbagi, bekerjasama dan tidak bergantung kepada orangtua. Selain itu anak juga seharusnya sudah mampu mengendalikan perasaannya terhadap temannya, anak bisa merasa gembira jika sedang bemain bersama temannya dan anak tidak merasa cemburu dengan temannya yang lebih baik dari dirinya. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi di TK Dharma Indria II Sumbersari Jember ditemukan bahwa kemampuan sosial dan emosional anak kelompok AI masih rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang melatarbelakanginya, yaitu anak masih merasa malu dan tidak mau bersosialisasi dengan teman dan gurunya sehingga anak hanya bergantung pada orang tuanya. Penyebab yang lain adalah masih ada anak yang tiba-tiba menangis dan marah ketika pembelajaran berlangsung, sehingga bisa mangganggu proses pembelajaran. Untuk itu perlu dilakukan sebuah perbaikan untuk meningkatkan kemampuan sosial dan emosional anak kelompok AI TK Dharma Indria II Sumbersari Jember yaitu dengan menerapkan permainan tradisional (balap karung, lompat tali dan kelereng). Permainan tradisional dipilih karena dengan permainan tradisional anak bisa belajar untuk bersosialisasi, bekerjasama, dan berbagi dengan sesama temannya. Dengan bermain anak bisa merasa gembira, sehingga kemampuan sosial dan emosional anak dapat meningkat dengan baik. Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah yang ada dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah penerapan permainan tradisional untuk meningkatkan kemampuan sosial dan emosional anak kelompok AI di TK Dharma Indria II sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?, 2) bagaimanakah peningkatan kemampuan sosial anak kelompok AI melalui permainan tradisional (balap karung, lompat tali dan kelereng) di TK Dharma Indria II Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2015/2016? dan 3) bagaimanakah peningkatan kemampuan emosional anak kelompok AI melalui permainan tradisional (balap karung, lompat tali dan kelereng) di TK Dharma Indria II Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?. Tujuan penelitian adalah: 1) mendeskripsikan penerapan permainan tradisional untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak kelompok A1 di TK Dharma Indria II Sumbersari Jemeber Tahun Pelajaran 2015/2016. 2) meningkatkan kemampuan sosial anak kelompok A1 melalui permainan tradisional (balap karung, lompat tali dan kelereng) di TK Dharma Indria II Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. 3) meningkatkan kemampuan emosional anak kelompok AI melalui permainan tradisional (balap karung, lompat tali dan kelereng) di TK Dharma Indria II Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahap tindakan. Subjek penelitian adalah anak kelompok AI TK Dharma Indria II Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian dilakukan pada semester genap. Penelitian ini menggunakan penerapan permainan tradisional (balap karung, lompat tali dan kelereng) dilakukan dalam 2 siklus. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan tradisional (balap karung, lompat tali dan kelereng) dapat meningkatkan kemampuan sosial dan emosional anak kelompok AI TK Dharma Indria II Sumbersari Jember. Nilai rata-rata hasil tes unjuk kerja pada siklus I kemampuan sosial mencapai 68 dan pada siklus II 79, sedangkan kemampuan emosionalnya pada siklus I 73 dan pada siklus II 77. Saran bagi guru kelompok AI, hendaknya menerapkan permainan tradisional agar kemampuan sosial dan emosional anak meningkat secara berkelanjutan.Bagi kepala sekolah, hendaknya memberi dukungan dan memfasilitasi segala kebutuhan pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76303
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository