PENINGKATAN KEMAMPUAN SOSIAL DAN EMOSIONAL ANAK KELOMPOK AI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL (BALAP KARUNG, KELERENG DAN LOMPAT TALI) DI TK DHARMA INDRIA II SUMBERSARI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Kemampuan sosial dan emosional merupakan kemampuan anak dalam
bersosialisasi dengan sesama teman. Anak kelompok AI seharusnya sudah mampu
bersosialisasi, berbagi, bekerjasama dan tidak bergantung kepada orangtua. Selain itu
anak juga seharusnya sudah mampu mengendalikan perasaannya terhadap temannya,
anak bisa merasa gembira jika sedang bemain bersama temannya dan anak tidak
merasa cemburu dengan temannya yang lebih baik dari dirinya.
Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi di TK Dharma
Indria II Sumbersari Jember ditemukan bahwa kemampuan sosial dan emosional anak
kelompok AI masih rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang
melatarbelakanginya, yaitu anak masih merasa malu dan tidak mau bersosialisasi
dengan teman dan gurunya sehingga anak hanya bergantung pada orang tuanya.
Penyebab yang lain adalah masih ada anak yang tiba-tiba menangis dan marah ketika
pembelajaran berlangsung, sehingga bisa mangganggu proses pembelajaran. Untuk
itu perlu dilakukan sebuah perbaikan untuk meningkatkan kemampuan sosial dan
emosional anak kelompok AI TK Dharma Indria II Sumbersari Jember yaitu dengan
menerapkan permainan tradisional (balap karung, lompat tali dan kelereng).
Permainan tradisional dipilih karena dengan permainan tradisional anak bisa belajar
untuk bersosialisasi, bekerjasama, dan berbagi dengan sesama temannya. Dengan
bermain anak bisa merasa gembira, sehingga kemampuan sosial dan emosional anak
dapat meningkat dengan baik.
Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah yang ada dalam penelitian
ini adalah: 1) bagaimanakah penerapan permainan tradisional untuk meningkatkan kemampuan sosial dan emosional anak kelompok AI di TK Dharma Indria II
sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?, 2) bagaimanakah peningkatan
kemampuan sosial anak kelompok AI melalui permainan tradisional (balap karung,
lompat tali dan kelereng) di TK Dharma Indria II Sumbersari Jember Tahun Pelajaran
2015/2016? dan 3) bagaimanakah peningkatan kemampuan emosional anak
kelompok AI melalui permainan tradisional (balap karung, lompat tali dan kelereng)
di TK Dharma Indria II Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?.
Tujuan penelitian adalah: 1) mendeskripsikan penerapan permainan
tradisional untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak kelompok A1 di
TK Dharma Indria II Sumbersari Jemeber Tahun Pelajaran 2015/2016. 2)
meningkatkan kemampuan sosial anak kelompok A1 melalui permainan tradisional
(balap karung, lompat tali dan kelereng) di TK Dharma Indria II Sumbersari Jember
Tahun Pelajaran 2015/2016. 3) meningkatkan kemampuan emosional anak kelompok
AI melalui permainan tradisional (balap karung, lompat tali dan kelereng) di TK
Dharma Indria II Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2015/2016.
Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahap
tindakan. Subjek penelitian adalah anak kelompok AI TK Dharma Indria II
Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian dilakukan pada semester
genap. Penelitian ini menggunakan penerapan permainan tradisional (balap karung,
lompat tali dan kelereng) dilakukan dalam 2 siklus.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan
tradisional (balap karung, lompat tali dan kelereng) dapat meningkatkan kemampuan
sosial dan emosional anak kelompok AI TK Dharma Indria II Sumbersari Jember.
Nilai rata-rata hasil tes unjuk kerja pada siklus I kemampuan sosial mencapai 68 dan
pada siklus II 79, sedangkan kemampuan emosionalnya pada siklus I 73 dan pada
siklus II 77. Saran bagi guru kelompok AI, hendaknya menerapkan permainan
tradisional agar kemampuan sosial dan emosional anak meningkat secara
berkelanjutan.Bagi kepala sekolah, hendaknya memberi dukungan dan memfasilitasi segala kebutuhan pembelajaran.