PENERAPAN MEDIA GAME PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK A1 DALAM MENGENAL BILANGAN DI TK DHARMA WANITA GRENDEN PUGER KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Kemampuan kognitif merupakan salah satu aspek yang penting untuk dikembangkan pada anak usia dini. Kemampuan kognitif yang perlu dikembangkan adalah kemampuan kognitif dalam mengenal aspek bilangan. Pengenalan aspek bilangan sangat penting dikuasai oleh anak sebagai dasar dalam penguasaan konsep matematika.
Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan data dokumentasi di TK Dharma Wanita Grenden diketahui bahwa kemampuan kognitif anak kelompok AI masih rendah, dari 15 anak sebanyak 60% anak yang belum mampu mengenal aspek bilangan. Hal ini dibuktikan pada saat proses pembelajaran di kelas, anak masih mengalami kesulitan dalam hal mengenal lambang bilangan 1-10, dan anak masih kesulitan dalam hal mengurutkan lambang bilangan 1-10. Media yang digunakan guru hanya berupa gambar yang ada pada majalah sekolah. Guru terfokus dalam pemberian tugas yang ada pada buku paket. Salah satu alternatif pemecahan masalah yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak adalah dengan menerapkan game puzzle. Media game puzzle dipilih karena dapat melatih daya kreatifitas dan ingatan anak lebih mendalam dikarenakan munculnya motivasi untuk senantiasa mencoba memecahkan masalah.
Berdasarkan permasalahan tersebut, dilakukan penelitian dengan menerapkan media game puzzle. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimanakah penerapan media game puzzle yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A1 dalam mengenal aspek bilangan di TK dharma wanita grenden kecamatan puger kabupaten jember tahun pelajaran 2015/2016, 2) bagaimanakah peningkatan kemampuan kognitif anak kelompok A1 dalam mengenal aspek bilangan di TK dharma wanita grenden kecamatan puger kabupaten jember tahun pelajaran 2015/2016 melalui media game puzzle. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan penerapan media game puzzle yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A1 dalam mengenal aspek bilangan di TK dharma wanita grenden kecamatan puger kabupaten jember tahun pelajaran 2015/2016, 2) meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A1 dalam mengenal aspek bilangan di TK dharma wanita grenden kecamatan puger kabupaten jember tahun pelajaran 2015/2016 melalui media game puzzle.
Penelitian ini dilaksanakan di TK Dharma Wanita Grenden Puger Jember. Subjek penelitian adalah anak kelompok A1 TK Dharma Wanita Grenden Puger Jember dengan jumlah 15 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Jenis penelitian adalah penelitian tidakan kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan kognitif anak kelompok A1 setelah diberikan tindakan dengan menerapkan media game puzzle dalam pembelajaran mengenal aspek bilangan. Nilai rata-rata kelas pada siklus I pertemuan 1 sebesar 68, siklus I pertemuan 2 sebesar 76,6, dan siklus II meningkat menjadi 86,7. Saran penelitian ini bagi guru adalah hendaknya guru dapat menerapkan media game puzzle sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran mengenal aspek bilangan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak, sedangkan saran bagi kepala sekolah hendaknya menyarankan kepada guru untuk menerapkan media game puzzle dalam kegiatan pembelajaran mengenal aspek bilangan.