• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    TUGAS ANALISIS VIDEO KEJADIAN FISIKA DISERTAI PRAKTIKUM DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA/MA

    Thumbnail
    View/Open
    Rizquna Erliez Delftana 100210102014-1.pdf (5.164Mb)
    Date
    2016-08-10
    Author
    Delftana, Rizquna Erliez
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kurikulum yang diberlakukan mulai tahun ajaran 2013 / 2014 adalah kurikulum 2013 dengan penyempurnaan pola pikir pasif menjadi aktif diperkuat dengan pendekatan ilmiah (scientific approach). Pendekatan ini sesuai dengan hakikat pembelajaran fisika. Model-model pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan karakteristik pembelajaran fisika diperlukan untuk mewujudkan esensi pendekatan ilmiah. Model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran menggunakan tugas analisis video kejadian fisika disertai praktikum. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran menggunakan tugas analisis video kejadian fisika disertai praktikum, mengkaji pengaruh pembelajaran menggunakan tugas analisis video kejadian fisika praktikum terhadap hasil belajar fisika siswa, dan mendeskripsikan retensi hasil belajar siswa terhadap materi yang telah disampaikan dalam pembelajaran menggunakan tugas analisis video kejadian fisika disertai praktikum. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Jember pada semester genap tahun ajaran 2014 / 2015. Sampel penelitian ditentukan menggunakan metode cluster random sampling, dengan sampel 3 kelas ekperimen yaitu X MIA 1, X MIA 3, dan X MIA 4. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test and post-test group design dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Sumber data berasal dari penilaian oleh peneliti, penilaian oleh observer, pre-test, post-test, dan tes tunda. Hasil observasi rata-rata aktivitas siswa kelas X MIA 1 sebesar 77,28% dengan kategori aktif, kelas X MIA 3 sebesar 75,54% dengan kategori aktif, dan kelas X MIA 4 sebesar 76,95% dengan kategori aktif. Hasil belajar fisika siswa dalam ranah kognitif produk dikaji menggunakan uji t dengan hasil uji ttest kelas X MIA 1 (kelas eksperimen 1), X MIA 3 (kelas eksperimen 2), X MIA 4 (kelas eksperimen 3) menyatakan bahwa nilai ttest > ttabel untuk setiap pertemuan, maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran menggunakan tugas analisis video kejadian fisika disertai praktikum berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada setiap pertemuan di ketiga kelas eksperimen tersebut. Hasil analisis retensi untuk ketiga kelas eksperimen pada setiap pertemuan tergolong memiliki retensi yang kuat dengan rata-rata tiap kelas 70% yaitu kelas X MIA 1 sebesar 101,53%, kelas X MIA 3 sebesar 92,93%, dan kelas X MIA 4 sebesar 90,65%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76299
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository