Show simple item record

dc.contributor.advisorSuroso
dc.contributor.advisorWahyuni, Dwi
dc.contributor.authorWIJAMAWARTI, Nindhita Rah-Firstiari
dc.date.accessioned2016-08-10T08:43:59Z
dc.date.available2016-08-10T08:43:59Z
dc.date.issued2016-08-10
dc.identifier.nim090210103018
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76298
dc.description.abstractHasil observasi awal di Madrasah Tsanawiyah Bangsalsari Jember Kelas VIII, ditemukan adanya kemampuan akademik skill siswa yang masih memerlukan peningkatan. Berdasarkan data observasi dari ulangan harian kelas VIII C yang berjumlah 22 siswa terdapat persentase rata-rata siswa yang memiliki hasil belajar sangat rendah yaitu 27,27% yakni mendapat nilai ≥75 sedangkan 72,73 % siswa lainnya medapatkan nilai < 75, untuk Keterampilan Proses Sains secara klasikal yang mendapatkan nilai ≥75 yaitu 37,5% sedangkan 62,5% siswa lainnya mendapatkan nilai< 75. Rendahnya kemampuan siswa ini dapat disebabkan oleh beberapa hal yaitu model yang digunakan guru selama ini adalah model pengajaran langsung atau direct instruction (DI); anggapan siswa bahwa biologi pelajaran yang banyak hafalannya dan sulit di pahami; media pembelajaran yang sering digunakan guru dalam pembelajaran adalah papan tulis; sistem penilaian yang digunakan guru selama ini adalah penilaian dengan melihat hasil tes. Permasalahan ini membutuhkan alternatif melalui model pembelajaran yang mampu mendorong siswa untuk aktif sehingga pembelajaran menjadi efektif dan siswa dapat berkembang, dinamis, dan kreatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk meningkatkan keterampilan proses belajar IPA biologi pada bab Sistem pernafasan siswa kelas VIII C Madrasah Tsanawiyah Negeri Bangsalsari Jember dengan penerapan model pembelajaran Number Head Together (NHT) serta untuk meningkatkan capaian hasil belajar IPA biologi pada bab Sistem pernafasan siswa kelas VIII C Madrasah Tsanawiyah Negeri Bangsalsari Jember dengan penerapan model pembelajaran Number Head Together (NHT). Penelitian ini dilakukan pada bulan September tahun 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, evaluasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dalam meningkatkan keterampilan proses siswa yang diperoleh dari hasil pembelajaran melalui penerapan model NHT serta untuk mengukur capaian hasil belajar biologi setelah pembelajaran dengan penerapan model NHT pada pembelajaran siklus I dan siklus II. Data hasil observasi memperlihatkan bahwa keterampilan proses dan hasil belajar siswa sesudah dilaksanakan tindakan telah mengalami peningkatan. Pada peningkatan keterampilan proses siswa diukur pada kemampuan mengamati, mengkomunikasi, menerapkan, menganalisis, dan menyimpulkan pada pra siklus ke siklus II mengalami peningkatan. Sedangkan hasil belajar dilihat dari nilai tes setelah proses pembelajaran. Data yang diperoleh terdapat peningkatan keterampilan proses sains siswa kelas VIII C MTSN Bangsalsari Jember pada pembelajaran IPA biologi dari pra siklus ke siklus I sebesar 35,2% yakni pra siklus 37,5% terjadi peningkatan menjadi 72,7% sedangkan dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 19,8% yakni siklus II terjadi peningkatan menjadi 92,5%. Demikian juga dengan capaian hasil belajar terdapat peningkatan siswa kelas VIII C MTSN Bangsalsari Jember pada pembelajaran IPA biologi menggunakan model Number Head Together (NHT) dari pra siklus ke siklus I sebesar 54,54 % yakni pra siklus 27,27% menjadi 81,81% sedangkan dari siklus I ke siklus II sebesar 8,69 % dengan siklus II 90,5%. Merujuk dari hasil yang didapat, maka pembelajaran pada siklus I dan siklus II dapat dikatakan sudah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal serta dapat dihentikan karena telah sesuai dengan tujuan Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA Biologi dengan Penerapan Pembelajaran Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA Biologi di Madrasah Tsanawiyah Bangsalsari Jember Kelas VIII C.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectProses SAINSen_US
dc.subjectHasil belajaren_US
dc.subjectNumber Head Together (NHT)en_US
dc.titlePENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI DENGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DI MADRASAH TSANAWIYAH BANGSALSARI JEMBER KELAS VIII C SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2015-2016en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record