PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INFORMATION SEARCH (IS) MELALUI LESSON STUDY TERHADAP METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA (Kelas X-IPA MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2015 / 2016)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe information search (IS) melalui lesson study terhadap metakognisi dan hasil belajar biologi siswa. Penelitian dilaksanakan di MAN 2 Jember pada kelas X-IPA 3 (kelas eksperimen) dan X-IPA 5 (kelas kontrol) tahun pelajaran 2015/2016. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilaksanakan menggunakan quasi eksperimental. Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes, pengukuran keterampilan metakognisi, dokumentasi dan wawancara terhadap guru maupun siswa. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan uji normalitas menggunakan One-Sample Kolmogrov Smirnov, uji homogenitas dengan analisis varian (ANOVA), dan analisis kovarian (ANAKOVA) terhadap data metakognisi dan hasil belajar kognitif. Pada hasil belajar afektif dan psikomotor dianalisis dengan menggunakan uji t.
Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 8 April 2016 sampai 19 April 2016 dan diperoleh hasil pada pembelajaran aktif tipe information search (IS) dengan lesson study berpengaruh terhadap metakognisi 0,010 (p=0,010<0,05) dengan selisih rerata kelas eksperimen sebesar 6,4 dan kelas kontrol sebesar 4,08. Dengan demikian H0 ditolak, jadi perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memberikan pengaruh yang berbeda. Untuk hasil belajar kognitif siswa dengan nilai probabilitas sebesar 0,001 (p=0,001<0,05) dengan selisih rerata kelas eksperimen sebesar 19,59 dan kelas kontrol sebesar 16,08. Dengan demikian H0 ditolak, jadi perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memberikan pengaruh yang berbeda. Kemudian untuk hasil belajar afektif dengan nilai probabilitas sebesar 0,000 (p=0,000<0,05) dengan rerata kelas eksperimen sebesar 79,73 dan kelas kontrol sebesar 56,36 dan psikomotor nilai probabilitas sebesar 0,002 (p=0,002<0,05) dengan selisih rerata kelas eksperimen sebesar 84,43 dan kelas kontrol sebesar 74,89. Dengan demikian H0 ditolak, jadi perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan untuk hasil belajar efektif dan psikomotor.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi pembelajaran aktif tipe Information Search (IS) dengan lesson study berpengaruh terhadap metakognisi dan hasil belajar kognitif, hasil belajar afektif dan hasil belajar psikomotor. Sebelum melaksanakan strategi pembelajaran aktif tipe information search (IS) siswa diberikan pembiasaan untuk aktif dalam kegiatan kelompok, sehingga saat penerapan pembelajaran siswa tidak kebingungan dan melakukan diskusi dengan baik. Sebaiknya strategi pembelajaran aktif tipe Information Search (IS) dapat dijadikan salah satu referensi strategi pembelajaran bagi guru biologi di SMA agar siswa lebih mudah menangkap materi yang diajarkan dan membuat siswa tidak jenuh didalam kelas.