• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK KELOMPOK B1 MELALUI METODE BERCERITA DI TK LESTARI PALERAN KECAMATAN UMBULSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Neni Dwi Atmojo_120210205088 -1.pdf (3.093Mb)
    Date
    2016-08-10
    Author
    ATMOJO, Neni Dwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Menyimak adalah suatu proses kegiatan mendengarkan lambang-lambang lisan dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi serta interprestasi untuk memperoleh informasi dan menangkap isi pesan dan memahami makna komunikasi yang disampaikan oleh pembicara. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di TK Lestari Paleran Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember Kelompok B1 yang terdiri atas 26 anak terdapat 16 anak yang kemampuan menyimaknya masih kurang. Hal tersebut terlihat ketika guru menerapkan metode bercerita dan meminta anak untuk menceritakan kembali isi cerita anak tidak dapat menceritakan kembali isi cerita karena malu dan tidak berani untuk bercerita kembali dan ketika guru bertanya tentang tokoh-tokoh yang terkandung dalam cerita anak-anak masih bingung untuk menjawabnya karena pemunculan karakter tokoh dalam cerita masih kurang jelas, untuk mengatasi masalah di atas maka digunakalah metode bercerita. Metode bercerita adalah suatu cara menyampaikan materi pembelajaran melalui kisah-kisah atau cerita yang dapat menarik peserta didik. Penggunaan metode bercerita dalam pembelajaran dapat dijadikan sebagai salah satu bentuk variasi dalam meningkatkan kemampuan menyimak anak karena bercerita merupakan kegiatan yang disenangi oleh anak dan dapat menarik minat belajar anak. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah penerapan metode bercerita untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak kelompok B1 di TK Lestari Paleran Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?; dan 2) bagaimanakah peningkatkan kemampuan menyimak anak kelompok B1 melalui metode bercerita di TK Lestari Paleran Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?. Tujuan penelitian ini : 1) mendeskripsikan penerapan metode bercerita dalam meningkatkan kemampuan menyimak anak kelompok B di TK Lestari Paleran Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember; dan 2) meningkatkan kemampuan menyimak anak kelompok B1 melalui metode bercerita di TK Lestari Paleran Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. Penelitian ini dilakukan di TK Lestari Paleran Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. Subjek Penelitian adalah kelompok B1 yang terdiri atas 26 anak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Penerapan metode bercerita dalam meningkatkan kemampuan menyimak anak kelompok B1 dilaksanakan melalui 2 siklus. Siklus I pertemuan 1 dan 2 diawali dengan kegiatan pembukaan, bercakap-cakap, membacakan cerita, melaksanakan tes, dan pemberian tugas. Pelaksanaan siklus II sama dengan siklus I tetapi cerita yang dibacakan dan tugas yang diberikan berbeda. Peningkatan kemampuan menyimak anak kelompok B1 setelah dilakukan tindakan hasilnya adalah 63,84 pada prasiklus, siklus I pertemuan I 73,40, siklus I pertemuan II 75,32, kemudian 81,41 pada siklus II. Saran bagi guru adalah: guru hendaknya lebih sering menerapkan metode bercerita dalam pembelajaran guna untuk melatih konsentrasi anak dan meningkatkan kemampuan menyimak anak; guru-guru selain kelompok B1 hendaknya juga menerapkan metode bercerita dalam pembelajaran guna untuk melatih konsentrsi dan meningkatkan kemampuan menyimak anak.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76295
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository