PENGARUH PENERAPAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN PKN DI SDN PATRANG 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh positif yang signifikan dari penerapan teknik Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran PKn di SDN Patrang 01 Jember tahun ajaran 2015/2016”.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Patrang 01 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember mulai tanggal 01 Februari 2016 sampai 16 Februari 2016. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Patrang 01 Jember yang terdiri dari IVA dan IVB yang berjumlah 74 siswa. desain penelitian ini adalah pre-test pos-test desain untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol melalui pengundian sebelum melakukan pengundian dilakukan uji homogenitas terlebih dahulu untuk mengetahui homogen tidaknya kemampuan awal kedua kelas tersebut dengan menggunakan nilai ulangan harian semester gasal.
Hasil perhitungan uji homogenitas dengan menggunakan SPSS mendapatkan harga thitung = 0,274, kemudian thitung dikonsultasikan dengan harga ttabel, diketahui dbd = 71 pada taraf signifikansi 5% sehingga ttabel = 1,996. Berdasarkan nilai ttabel 1,996 dan nilai thitung = 0,274 maka thitung < ttabel yaitu 0,274 < 1,996. Diperoleh hasil bahwa tidak ada perbedaan mean yang signifikan antara kelas IVA dan IVB, hal ini menunjukkan tingkat kemampuan awal siswa sebelum diberikan perlakuan adalah homogen, untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan cara pengundian. Berdasarkan hasil pengundian tersebut kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan kelas IVA sebagai kelas kontrol.