• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN METAKOGNISI DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG PADA SISWA SMP KELAS IX

    Thumbnail
    View/Open
    RINI KARTIKA Purwanti 110210101091-1.pdf (8.061Mb)
    Date
    2016-08-10
    Author
    Purwanti, Rini Kartika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Inti dari konsep metakognisi adalah kemampuan seseorang dalam mengetahui apa yang dia ketahui dan bagaimana menggunakannya agar pengetahuan tersebut dapat bermanfaat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penguasaan kemampuan metakognisi oleh seseorang ternyata berpengaruh pada kemampuannya dalam memecahkan masalah matematika. Siswa yang menguasai metakognisi akan menjadi lebih berkemampuan dalam menghadapi permasalahan. Selain itu, metakognisi juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan menjadi lebih independen sebagai pebelajar.Karena alasan tersebut, metakognisi sangatlah penting dimiliki oleh siswa. Untuk itu diperlukan sebuah alat untuk mengetahui kemampuan metakognisi siswa sehingga pada akhirnya guru dapat mencari alternatif proses belajar yang tepat untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Metakognisi dibagi menjadi 2 bagian utama yakni pengetahuan kognisi yang meliputi pengetahuan deklarasi, pengetahuan prosedural, dan pengetahuan kondisional. Sedangkan satu bagian yang lain ialah pengaturan kognisi yang meliputi perencanaan, informasi pengaturan strategi, memonitor, pemeriksaan strategi, dan mengevaluasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dimana produk yang dihasilkan adalah sebuah instrumen penilaian untuk mengetahui kemampuan metakognisi siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung. Instrumen penilaian metakognisi terdiri dari 34 butir pernyataan yang digolongkan ke dalam metode penyelesaian menurut Polya. Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp dimana terdapat 5 serangkaian fase yang telah dilewati yakni fase infestigasi awal (tahap pendefinisian), fase desain (tahap perancangan), fase realisasi (tahap produksi), fase tes, evaluasi, dan revisi (tahap pertimbangan kualitas produk), dan yang terakhir fase implementasi (tahap pelaksanaan).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76292
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository