Show simple item record

dc.contributor.advisorKhutobah
dc.contributor.advisorYuliati, Nanik
dc.contributor.authorWardani, Retno Ayu Kusuma
dc.date.accessioned2016-08-10T08:28:10Z
dc.date.available2016-08-10T08:28:10Z
dc.date.issued2016-08-10
dc.identifier.nim120210205092
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76288
dc.description.abstractHasil perkembangan sosial dan emosional anak sebelum tindakan menunjukkan bahwa dari 23 anak hanya ada 8 anak yang kemampuan sosial dan emosionalnya baik, dan 15 anak kurang dan sangat kurang. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti akan menggunakan metode bermain dengan permainan petak umpet sehingga kemampuan sosial dan emosional anak meningkat. Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah penerapan permainan petak umpet untuk meningkatkan kemampuan sosial dan emosional pada anak kelompok A1 di TK Bina Anaprasa NURIS Jember Tahun Pelajaran 2015/2016? (2) Bagaimanakah peningkatan kemampuan sosial anak kelompok A1 melalui kegiatan bermain petak umpet di TK Bina Anaprasa NURIS Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?dan (3) Bagaimanakah peningkatan kemampuan emosional anak kelompok A1 melalui kegiatan bermain petak umpet di TK Bina Anaprasa NURIS Jember Tahun Pelajaran 2015/2016? Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini untuk: (1) Mendeskripsikan proses permainan petak umpet yang dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional pada anak kelompok A1 TK Bina Anaprasa NURIS Jember Tahun Pelajaran 2015/2016.(2) Meningkatkan kemampuan sosial anak kelompok A1 TK Bina Anaprasa NURIS Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 setela melakukan kegiatan bermain petak umpet. dan (3) Meningkatkan kemampuan emosional anak kelompok A1 TK Bina Anaprasa NURIS jember Tahun Pelajaran 2015/2016 setelah melakukan kegiatan bermain petak umpet. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain penelitian Hopkins. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode observasi, dokumentasi, wawancara.Penggunaan metode bermain dengan permainan petak umpet dilaksanakan dalam 2 siklus. Penggunaan metode bermain dengan permainan petak umpet dengan cara mengajarkan kepada anak dengan praktek langsung di halaman sekolah. Melalui penggunaan metode bermain dengan permainan petak umpet kemampuan sosial anak kelompok A1 TK Bina Anaprasa NURIS Jember mengalami peningkatan, hasil perkembangan sosial siklus I meningkat yaitu 73.91% tuntas dan 26.08% anak tidak tuntas dengan nilai rata-rata 67.02, siklus II 91.30% tuntas dan 8.69% tidak tuntas dengan nilai rata-rata 75.72, dan kemampuan emosional anak kelompok A1 TK Bina Anaprasa NURIS mengalami peningkatan. Siklus I 86.95% tuntas dan 13.04% tidak tuntas dengan nilai rata-rata 72.02, sedangkan siklus II yang tuntas 91.30% anak dan 8.69% anak tidak tuntas dengan nilai rata-rata 82.60.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKEMAMPUAN SOSIAL DAN EMOSIONAL ANAKen_US
dc.subjectMETODE BERMAIN PETAK UMPETen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN SOSIAL DAN EMOSIONAL ANAK KELOMPOK A1 MELALUI METODE BERMAIN DENGAN PERMAINAN PETAK UMPET DI TK BINA ANAPRASA NURIS E JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record