PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK KELOMPOK A MENGENAL HURUF MELALUI MEDIA KARTU GAMBAR DI TK ROUDHATUL ULUM KECAMATAN PATRANG KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Pemilihan media pembelajaran yang tepat berdampak pada proses pembelajaran lebih efektif, sehingga tujuan pembelajaran dapat optimal. Selain itu, penerapan media kartu gambar dapat lebih tertarik dan memudahkan anak dalam proses mengenal huruf. Berdasarkan hasil wawancara dan dokumentasi yang didapatkan di TK Roudhatul Ulum Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016, bahwa kemampuan anak kelompok A mengenal huruf 60% dari 15 anak atau 9 anak yang kesulitan dalam menyebutkan huruf yang ditunjuk oleh guru dan menghubungkan gambar sesuai huruf awal. Hal ini disebabkan media yang digunakan guru berupa poster huruf tanpa gambar, sehingga anak cenderung menghafal urutan huruf namun belum mengenal lambang huruf yang disebutkan.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian dengan menerapkan media kartu gambar dalam proses pembelajaran mengenal huruf. Penerapan media kartu gambar diupayakan dapat meningkatkan kemampuan anak kelompok A dalam mengenal huruf. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: bagaimanakah penerapan media kartu gambar dalam peningkatan kemampuan mengenal huruf di TK Roudhatul Ulum Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016? dan bagaimanakah peningkatan kemampuan kemampuan anak kelompok A mengenal huruf melalui peneraparan media kartu gambar di TK Roudhatul Ulum Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016?.
Berdasarkan rumusan masalah, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan media kartu gambar guna meningkatkan kemampuan anak kelompok A mengenal huruf dengan menerapkan media kartu gambar pada pembelajaran mengenal huruf di TK Roudhatul Ulum Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016 dan meningkatkan kemampuan anak kelompok A mengenal huruf melalui media gambar di TK Roudhatul Ulum Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilakukan di TK Roudhatul Ulum Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Roudhatul Ulum dengan jumlah anak 15 yang terdiri 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Jenisnya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi