Show simple item record

dc.contributor.advisorYuliati, Nanik
dc.contributor.advisorLathif, Misno A
dc.contributor.authorBurmeilisza, Okky Ferza Fierdhana
dc.date.accessioned2016-08-10T07:31:15Z
dc.date.available2016-08-10T07:31:15Z
dc.date.issued2016-08-10
dc.identifier.nim120210205096
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76273
dc.description.abstractSalah satu kemampuan bahasa yang penting dikembangkan yaitu keterampilan berbicara. Berbicara adalah salah satu aspek perkembangan bahasa yaitu keterampilan berkomunikasi dengan orang lain. Keterampilan berbicara merupakan keterampilan yang sering digunakan untuk berkomunikasi dalam kehidupan sehari- hari. Kemampuan guru dalam memberikan stimulasi berbicara sangat diharapkan untuk mengembangkan keterampilan berbicara anak sejak usia dini. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di TK ABA III Ampel Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember, khususnya kelompok A2 terdapat 15 anak yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Tercatat 11 anak yang keterampilan berbicaranya kurang. Hal tersebut dapat dilihat dari kurangnya percaya diri anak ketika diminta berbicara pengalamannya di depan kelas. Ketidakmampuan anak dalam berbicara disebabkan guru kurang melatih keberanian anak untuk berbicara di depan kelas, selain itu metode yang digunakan guru masih kurang tepat dan belum dapat merangsang perkembangan bahasa anak. Guru lebih sering menggunakan metode bercakap-cakap tanpa menggunakan media dan hanya menunjukkan buku lembar kerja anak untuk menerangkan isi bacaan yang terdapat pada lembar kerja anak yang mengakibatkan tidak adanya peningkatan dalam perkembangan berbicara anak. Berdasarkan latar belakang permasalahan tersebut, dilakukan penelitian dengan menerapkan media buku bergambar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimanakah penerapan media buku bergambar dalam meningkatkan keterampilan berbicara anak kelompok A2 di TK ABA III Ampel Wuluhan Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016, 2) bagaimanakah peningkatan kemampuan berbicara anak kelompok A2 melalui media buku bergambar di TK ABA III Ampel Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan penerapan media buku bergambar dalam peningkatan kemampuan berbicara anak kelompok A2 di TK ABA III Ampel Wuluhan Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016, 2) meningkatkan keterampilan berbicara anak kelompok A2 melalui media buku bergambar di TK ABA III Ampel Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di TK ABA III Ampel Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Subjek penelitian adalah anak kelompok A2 TK ABA III Ampel Wuluhan dengan jumlah anak 15 yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKETERAMPILAN BERBICARA ANAK KELOMPOK A2en_US
dc.subjectMEDIA BUKU BERGAMBARen_US
dc.titlePENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK KELOMPOK A2 MELALUI MEDIA BUKU BERGAMBAR DI TK ABA III AMPEL KECAMATAN WULUHAN KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record