• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN PERKEMBANGAN SOSIAL DAN EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B1 MELALUI PENERAPAN MEDIA BALLOON CRAFT DI TK BINA ANAPRASA NURIS JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    Fikri Firda Purnamasari 120210205049-1.pdf (2.054Mb)
    Date
    2016-08-10
    Author
    Purnamasari, Fikri Firda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan Penerapan Media balloon craft yang dapat meningkatkan perkembangan sosial dan emosional anak kelompok B1 di TK Bina Anaprasa Nuris, 2) meningkatan perkembangan sosial anak kelompok B1 melalui Penerapan Media balloon craft di TK Bina Anaprasa Nuris Jember, 3) meningkatan perkembangan emosional anak kelompok B melalui Penerapan Media balloon craft di TK Bina Anaprasa Nuris Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian adalah anak kelompok B1 di TK Bina Anaprasa Nuris Jember yang berjumlah 20 anak terdiri dari 12 laki-laki dan 8 perempuan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif. Penerapan Media balloon craft dilakukan dengan membentuk 5 kelompok masing-masing beranggotakan 4 anak. Guru menjelaskan tahapan pembuatan balloon craft dan memberikan peraturan yang harus ditaati anak guru membagikan alat dan bahan secara bergantian sambil mengintruksikan untuk memulai kegiatan. Seorang anak bertugas memegang balon dan seorang anak lainnya memilih dan menempel pola. Balloon craft yang telah selesai diberi nama dan ditunjukkan di depan kelas. Penerapan Media pembelajaran menggunakan balloon craft dalam pembelajaran telah menunjukkan adanya peningkatan perkembangan sosial dan emosional anak kelompok B1 TK Bina Anaprasa Nuris Jember. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai rata-rata perkembangan sosial anak prasiklus sebesar 60,4 (cukup baik) meningkat pada siklus 1 sebesar 74,6 (baik) dan pada siklus 2 sebesar 80,4 (baik). Peningkatan juga terjadi pada perkembangan emosional anak kelompok B1, nilai rata-rata pada prasiklus sebesar 59,2 (cukup baik), siklus 1 meningkat menjadi 77,1 (baik) dan siklus 2 sebesar 80,8 (baik). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Penerapan Media balloon craft dalam pembelajaran dapat meningkatkan perkembangan sosial dan emosional anak kelompok B1 TK Bina Anaprasa Nuris Jember tahun pelajaran 2015/2016.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76265
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15405]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository