• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK A2 MELALUI KEGIATAN MENULIS DI TK ILMU AL-QUR’AN SEMPUSARI KALIWATES JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016

    Thumbnail
    View/Open
    Elmi Ajiami Kinasih 120210205051-1.pdf (1.914Mb)
    Date
    2016-08-10
    Author
    Kinasih, Elmi Ajiami
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan motorik halus memegang peran penting bagi individu dalam kehidupan sehari-hari. Hasil belajar dalam kemampuan motorik halus anak kelompok A2 TK Ilmu Al-Qur’an Sempusari Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 yang dilakukan melalui beberapa kegiatan menunjukkan bahwa dari 22 anak, hanya 6 anak yang sudah mulai berkembang kemampuan motoriknya, dan sisanya sebanyak 16 anak kemampuan motorik halusnya masih rendah, untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti akan memfokuskan pembelajaran pada satu kegiatan saja, sehingga nantinya mendapatkan hasil yang memuaskan sesuai dengan harapan. Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah proses kegiatan menulis yang dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A2 di TK Ilmu Al-Qur’an Sempusari Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2015/2016? ; dan (2) bagaimanakah peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok A2 di TK Ilmu Al-Qur’an Sempusari Kaliwates Jember tahun pelajaran 2015/2016 setelah melakukan kegiatan menulis?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan proses kegiatan menulis yang dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A2 di TK Ilmu Al-Qur’an Sempusari Kaliwates Jember tahun pelajaran 2015/2016; (2) meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A2 di TK Ilmu Al-Qur’an Sempusari Kaliwates Jember tahun pelajaran 2015/2016 setelah melakukan kegiatan menulis. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian oleh Hopkins. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Proses kegiatan menulis dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak dilaksanakan dalam 2 siklus. Berdasarkan tindakan yang telah dilakukan, maka hasilnya diperoleh sebagai berikut: (1) Proses kegiatan menulis dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak dilakukan melalui dua siklus. Siklus I guru memberikan contoh kepada anak cara menulis huruf dengan benar. Siklus II guru mengajak anak untuk mempraktikkan cara menulis huruf dengan benar; (2) Melalui kegiatan menulis kemampuan motorik halus anak kelompok A2 TK Ilmu Al-Qur’an Sempusari Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 meningkat. Nilai rata-rata kelas pada pra siklus 42,61, nilai rata- rata pada siklus I meningkat menjadi 68,46, dan nilai rata-rata kelas pada siklus II meningkat menjadi 81,81.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76256
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository