Show simple item record

dc.contributor.advisorMahardika, I Ketut
dc.contributor.advisorMaryani
dc.contributor.authorAGUSTIN, DUDELIANY JUWITA
dc.date.accessioned2016-08-10T06:27:23Z
dc.date.available2016-08-10T06:27:23Z
dc.date.issued2016-08-10
dc.identifier.nim100210102002
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76249
dc.description.abstractPendidikan adalah salah satu elemen penting dalam memajukan suatu bangsa. Perkembangan dan kemajuan di segala bidang ditentukan oleh keberhasilan pendidikannya. Pendidikan harus dilakukan dengan usaha sadar manusia atas dasar dan tujuan yang jelas, ada tahapan serta komitmen bersama didalam proses pendidikan. Fisika adalah ilmu pengetahuan yang paling mendasar karena berhubungan dengan perilaku dan struktur benda. Karena itu fisika dipelajari sejak mengenyam pendidikan sekolah dasar. Namun, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajari dan memahami konsep fisika. Model yang sesuai dalam pembelajaran fisika adalah model pembelajaran yang kontekstual. Penggunaan bahan ajar yang tepat dapat meningkatkan konsep fisika. Akan tetapi, dalam proses belajar mengajar fisika di SMPN 2 Balung belum menerapkan pembelajaran kontekstual secara maksimal dan bahan ajar yang digunakan berupa LKS, sehingga aktivitas dan hasil belajar fisika siswa cenderung rendah. Oleh karena itu, diadakanlah penelitian mengenai penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) disertai LKS berbasis multirepresentasi pada pembelajaran IPA Fisika di SMP. Tujuan yang akan dicapai pada penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa selama menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) disertai LKS berbasis multirepresentasi, dan (2) untuk mengkaji perbedaan hasil belajar fisika siswa menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) disertai LKS berbasis Multirepresentasi dengan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Balung. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only control design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk menjawab rumusan masalah yang pertama, sedangkan untuk menjawab rumusan masalah yang kedua menggunakan Independent-Sample T-test dengan bantuan SPSS 16.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectModel Pembelajaran Berbasis Masalahen_US
dc.subjectPBMen_US
dc.subjectLKSen_US
dc.subjectMultirepresentasien_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Disertai LKS Berbasis Multirepresentasi pada Pembelajaran IPA Fisika di SMPen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record