Show simple item record

dc.contributor.advisorKhutobah
dc.contributor.advisorYulianti, Nanik
dc.contributor.authorNAFIDAH, Siti Hanun
dc.date.accessioned2016-08-10T04:28:49Z
dc.date.available2016-08-10T04:28:49Z
dc.date.issued2016-08-10
dc.identifier.nim120210205087
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76233
dc.description.abstractSikap peduli lingkungan merupakan sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam sekitarnya dan mengembangkan upayaupaya untuk memperbaiki kerusakan yang sudah terjadi. Sikap peduli lingkungan sangat penting ditanamkan mulai sejak dini, karena pada usia ini anak lebih cepat menerima dan menanamkan apa yang anak peroleh dari sebuah kegiatan. Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara dengan guru kelompok B3 Taman Kanak-kanak Kartika IV-73 Sumbersari Jember pada tanggal 21 November 2015 dapat diuraikan bahwa sikap peduli lingkungan anak masih kurang optimal. Hal tersebut dibuktikan dengan jumlah anak yang memiliki nilai sangat baik dan baik hanya mencapai 31,8% saja dari jumlah total anak yaitu 19. Pada saat berada dilingkungan sekolah anak masih sering membuang sampah di sembarang tempat, memetik bunga dihalaman, menempelkan tangannya didinding apabila selaesai cuci tangan, dan tidak mau membereskan peralatan setelah belajar dan bermain. Berdasarkan temuan-temuan di atas, diperlukan suatu cara yang digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan suatu metode pembelajaran yang lebih tepat agar penanaman sikap anak peduli lingkungan lebih optimal. Melalui metode pembiasaan ini anak mampu meningkatkan sikap peduli lingkungan melalui kegiatan untuk selalu membiasakan menjaga kebersihan lingkungan. Berdasarkan temuan tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimanakah proses penerapan metode pembiasaan dalam meningkatkan sikap peduli lingkungan anak kelompok B Taman kanak-kanak Kartika IV-73 Sumbersari Jember ? (2) bagaimanakah peningkatan sikap peduli lingkungan anak kelompok B Taman Kanak-kanak Kartika IV-73 Sumbersari Jember setelah diterapkannya metode pembiasaan? Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses penerapan metode pembiasaan yang dapat meningkatkan sikap anak peduli lingkungan kelompok B3 Taman Kanak-kanak Kartika IV-73 Sumbersari Jember (2) meningkatkan sikap anak peduli lingkungan kelompok B3 Taman Kanak-kanak Kartika IV-73 Sumbersari Jember setelah diterapkannya metode pembiasaan. Subjek penelitian adalah anak kelompok B3 Taman Kanak-kanak Kartika IV- 73 Sumbersari Jember tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Proses penerapan metode pembiasaan dalam penelitian ini dilakukan 2 siklus. Siklus I dilakukan dalam 5 kali pertemuan. Siklus II dilakukan dalam 5 kali pertemuan. Siklus I pertemuan pertama sampai dengan pertemuan kelima penekanan pembiasaan perilaku menjaga kebersihan lingkungan, penekanan pembiasaan dilaksanakan sebelum pembelajaran, sebelum istirahat, dan sebelum pulang. Siklus II pertemuan pertama sampai dengan pertemuan kelima sama seperti siklus I yaitu penekanan pembiasaan perilaku menjaga kebersihan lingkungannya. Peningkatan sikap anak peduli lingkungan setelah diterapkan metode pembiasaan diketahui skor anak pada prasiklus 31,8% menjadi 52,63 pada siklus I dan 84,22 pada siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembiasaan dapat meningkatkan sikap anak peduli lingkungan kelompok B3 Taman Kanak-kanak Kartika IV-73 Sumbersari Jember. Saran peneliti bagi guru, guru hendaknya dapat menggunakan metode pembiasaan sebagai salah satu alternatif dalam pemilihan metode pembelajaran untuk meningkatkan sikap anak peduli lingkungan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPEDULI LINGKUNGANen_US
dc.subjectTAMAN KANAK-KANAKen_US
dc.titlePENINGKATAN SIKAP ANAK PEDULI LINGKUNGAN KELOMPOK B3 MELALUI METODE PEMBIASAAN DI TAMAN KANAK-KANAK KARTIKA IV-73 SUMBERSARI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record