dc.description.abstract | Sikap peduli lingkungan merupakan sikap dan tindakan yang selalu berupaya
mencegah kerusakan pada lingkungan alam sekitarnya dan mengembangkan upayaupaya
untuk memperbaiki kerusakan yang sudah terjadi. Sikap peduli lingkungan
sangat penting ditanamkan mulai sejak dini, karena pada usia ini anak lebih cepat
menerima dan menanamkan apa yang anak peroleh dari sebuah kegiatan.
Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara dengan guru kelompok B3
Taman Kanak-kanak Kartika IV-73 Sumbersari Jember pada tanggal 21 November
2015 dapat diuraikan bahwa sikap peduli lingkungan anak masih kurang optimal. Hal
tersebut dibuktikan dengan jumlah anak yang memiliki nilai sangat baik dan baik
hanya mencapai 31,8% saja dari jumlah total anak yaitu 19. Pada saat berada
dilingkungan sekolah anak masih sering membuang sampah di sembarang tempat,
memetik bunga dihalaman, menempelkan tangannya didinding apabila selaesai cuci
tangan, dan tidak mau membereskan peralatan setelah belajar dan bermain.
Berdasarkan temuan-temuan di atas, diperlukan suatu cara yang digunakan untuk
mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan suatu metode
pembelajaran yang lebih tepat agar penanaman sikap anak peduli lingkungan lebih
optimal. Melalui metode pembiasaan ini anak mampu meningkatkan sikap peduli
lingkungan melalui kegiatan untuk selalu membiasakan menjaga kebersihan lingkungan.
Berdasarkan temuan tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :
(1) bagaimanakah proses penerapan metode pembiasaan dalam meningkatkan sikap
peduli lingkungan anak kelompok B Taman kanak-kanak Kartika IV-73 Sumbersari Jember ? (2) bagaimanakah peningkatan sikap peduli lingkungan anak kelompok B
Taman Kanak-kanak Kartika IV-73 Sumbersari Jember setelah diterapkannya
metode pembiasaan? Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses
penerapan metode pembiasaan yang dapat meningkatkan sikap anak peduli
lingkungan kelompok B3 Taman Kanak-kanak Kartika IV-73 Sumbersari Jember (2)
meningkatkan sikap anak peduli lingkungan kelompok B3 Taman Kanak-kanak
Kartika IV-73 Sumbersari Jember setelah diterapkannya metode pembiasaan.
Subjek penelitian adalah anak kelompok B3 Taman Kanak-kanak Kartika IV-
73 Sumbersari Jember tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah PTK
dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi
dokumentasi.
Proses penerapan metode pembiasaan dalam penelitian ini dilakukan 2 siklus.
Siklus I dilakukan dalam 5 kali pertemuan. Siklus II dilakukan dalam 5 kali pertemuan. Siklus I pertemuan pertama sampai dengan pertemuan kelima penekanan
pembiasaan perilaku menjaga kebersihan lingkungan, penekanan pembiasaan
dilaksanakan sebelum pembelajaran, sebelum istirahat, dan sebelum pulang. Siklus II
pertemuan pertama sampai dengan pertemuan kelima sama seperti siklus I yaitu
penekanan pembiasaan perilaku menjaga kebersihan lingkungannya.
Peningkatan sikap anak peduli lingkungan setelah diterapkan metode
pembiasaan diketahui skor anak pada prasiklus 31,8% menjadi 52,63 pada siklus I dan 84,22 pada siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode
pembiasaan dapat meningkatkan sikap anak peduli lingkungan kelompok B3 Taman
Kanak-kanak Kartika IV-73 Sumbersari Jember.
Saran peneliti bagi guru, guru hendaknya dapat menggunakan metode
pembiasaan sebagai salah satu alternatif dalam pemilihan metode pembelajaran untuk meningkatkan sikap anak peduli lingkungan. | en_US |