• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN A SISWA KELAS IV M PADA KOMPETE KEGIATAN EKON TA PROGRAM P PROGRAM STUD FAKULTAS K AN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR V MELALUI METODE GROUP INVESTIG PETENSI DASAR SUMBER DAYA ALAM D EKONOMI DI SDN BANTARAN 2 SEMESTE AHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    TRISNAWADI ISMARDANI - 100210274054_1.pdf (225.4Kb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    TRISNAWADI ISMARDANI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Setiap akan mengajar, guru perlu membuat persiapan mengajar dalam rangka melaksanakan sebagian dari rencana bulanan dan rencana tahunan. Dalam perisiapan itu sudah terkandung tentang, tujuan mengajar, pokok yang akan diajarkan, metode mengajar, bahan pelajaran, alat peraga dan teknik evaluasi yang digunakan. Karena itu setiap guru harus memahami benar tentang tujuan mengajar, secara khusus memilih dan menentukan metode mengajar sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Permasalahan yang ingin dikaji dalam dalam penelitian tindakan ini adalah: Bagaimanakah penerapan metode group investigation dalam Pembelajaran IPS Kompetensi Dasar Sumber Daya Alam dan Kegiatan Ekonomi dapat meningkatkan Aktivitas dan Prestasi belajar siswa kelas IV SDN Bantaran 2 tahun Pelajaran 2011/2012? Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah: Untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar IPS kompetensi dasar sumber daya alam dan kegiatan ekonomi melalui penerapan metode group investigation pada siswa kelas Ivsemester II SD Negeri Bantaran 2 Probolinggo tahun pelajaran 2011/2012 Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Bantaran 2. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I sebesar (87%) dan siklus II (100%). Selain itu, prosentase pengamatan aktivitas siswa juga mengalami kenaikan seiring dengan kenaikan prestasi siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan metode group investigation dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar Siswa kelas VI SDN Bantaran 2 serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran ilmu pengetahuan sosial.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7623
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository