HUBUNGAN ANTARA PENDEKATAN LEARNING BY DOING DENGAN KREATIVITAS MENDESAIN BUSANA PESERTA PELATIHAN MENJAHIT DI LEMBAGA PENDIDIKAN TATA BUSANA FLOREN JEMBER
View/ Open
Date
2016-08-10Author
H. AT. Hendrawijaya
Tri Indrianti, Deditiani
Metadata
Show full item recordAbstract
Keberhasilan suatu pelatihan, salah satunya di pengaruhi oleh pendekatan
yang digunakan dalam pembelajaran, jika suatu pelatihan itu mengunakan
pendekatan pembelajaran dalam pelatihan yang sesuai maka hal tersebut akan
mempengaruhi hasil kreativitas peserta pelatihan, dengan kreativitas yang dimiliki
seseorang akan dapat menciptakan karya-karya baru, dengan cara-cara baru, dan
model baru yang berguna bagi dirinya dan juga orang lain (Widarwati, 2000:
2). salah satu pendekatan yang digunakan di lembaga pelatihan adalah Pendekatan
learning by doing, pendekatan ini merupakan pendekatan pengajaran yang
membuat peserta pelatihan dapat lebih faham yaitu dengan cara peserta pelatihan
diajak untuk melakukan, melihat, mendengar, merasakan dan mempraktekan
(Maulidiana, Tanpa Tahun). Dan berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk
meneliti rumusan masalah mengenai adakah hubungan antara pendekatan learning
by doing dengan kreativitas mendesain busana, Hal ini memiliki tujuan untuk
mengetahui adanya hubungan antara pendekatan learning by doing dengan
kreativitas mendesain busana peserta pelatihan di lembaga pendidikan tata busana
floren Jember sehingga dapat memberikan manfaat bagi program pendidikan luar
sekolah khususnya tentang pendekatan learning by doing yang diterapkan di
program pelatihan.