PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARANIPA POKOK BAHASAN ENERGI PANAS DAN ENERGI BUNYI DI SDN BARATAN 01 JEMBER
Abstract
Ilmu Pengetahuan Alam adalah suatu pengetahuan yang mempelajari
gejala alam di muka bumi. Dewasa ini tumbuh kesadaran di dunia pendidikan
bahwa proses belajar mengajar akan lebih efektif apabila siswa berpartisipasi
secara aktif dalam proses tersebut. Di lapangan masih dijumpai pembelajaran IPA
yang masih berpusat pada guru. Hasil observasi yang dilakukan pada tanggal 7
September 2015 di kelas IV SDN Baratan 01 Jember menunjukkan bahwa dari 35
siswa hanya 6 siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM).
Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan siswa kurang aktif pada saat
pembelajaran khususnya mata pelajaran IPA. Salah satu alternatif untuk
meningkatkan motivasi dan hasil belajar adalah melalui penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe make a match. Adapun rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah peningkatan motivasi belajar siswa kelas
IV SDN Baratan 01 Jember melalui penerapan model kooperatif tipe make a
match pada pokok bahasan energi panas dan energi bunyi?; 2) bagaimanakah
peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Baratan 01 Jember melalui
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada pokok bahasan
energi panas dan energi bunyi?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini
adalah: 1) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN Baratan 01
Jember melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada
pokok bahasan energi panas dan energi bunyi, 2) untuk meningkatkan hasil
belajar siswa kelas IV SDN Baratan 01 Jember melalui penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe make a match pokok bahasan energi panas dan
energi bunyi