PENGARUH KEPRIBADIAN DAN KELAS SOSIAL SERTA BUDAYA PENGUSAHA TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH DEBITUR DI BNI SYARIAH KCP KENCONG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepribadian dan kelas
sosial serta budaya pengusaha terhadap keputusan menjadi nasabah debitur di BNI
Syariah KCP Kencong. Penelitian ini merupakan jenis penelitian explanatory
research. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik
Purposive Sampling. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini
adalah sebanyak 110 responden. Variabel yang digunakan sebanyak 4 (empat)
variabel yang terdiri dari tiga variabel independen dan satu variabel dependen.
Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah debitur yang ada di BNI Syariah
KCP Kencong. Skala pengukuran dalam penelitian ini menggunakan skala likert.
Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi dengan pendekatan
konfirmatori menggunakan software Analisys Of Moment Structure (AMOS).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepribadian berpengaruh terhadap
keputusan menjadi nasabah debitur di BNI Syariah KCP Kencong; 2) Kelas sosial
berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah debitur di BNI Syariah KCP
Kencong; 3) Budaya pengusaha berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah
debitur di BNI Syariah KCP Kencong.
Sosialisasi yang menarik dan mudah dipahami oleh masyarakat diperlukan
agar dapat mengubah persepsi terhadap perbankan syariah. Perlu adanya
kerjasama melalui pembinaan terhadap pelaku usaha mikro yang potensial
menjadi nasabah debitur sehingga dapat membantu nasabah untuk meningkatkan
kelas sosialnya. Penerapan perekonomian syariah dan promosi yang lebih baik
terhadap pembedaan antara bank konvensional dan bank syariah kepada nasabah
untuk menentukan perbankan yang terbaik. Agar dapat mempengaruhi keputusan
menjadi nasabah debitur di bank syariah khususnya BNI Syariah KCP Kencong.