PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE CONCEPT SENTENCE MELALUI MEDIA KARTU GAMBAR SERI GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGARANG DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN KARANGREJO 05 JEMBER
Abstract
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Karangrejo 05 Jember
tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 39 siswa. Penelitian ini dilaksanakan
dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas tahapan: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3)
observasi, dan (4) refleksi. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi,
wawancara, dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
data deskriptif kuantitatif dan statistik deskriptif.
Hasil dan pembahasan pada penelitian ini yakni penerapan model cooperative
learning tipe concept sentence melalui kartu gambar seri yang dapat meningkatkan
hasil belajar mengarang deskripsi siswa adalah siswa diberikan beberapa kartu
gambar seri dan tiap kartunya terdapat gambar dan kata kunci yang kemudian akan
dijadikan bahan untuk mengarang deskripsi. Setelah diterapkan model cooperative
learning tipe concept sentence melalui kartu gambar seri, pada siklus I terdapat 25
siswa yang mendapatkan nilai ≥70, sebelumnya pada prasiklus hanya 8 siswa yang
tuntas dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Selanjutnya, pada siklus II yang
merupakan perbaikan dari siklus I, yang mendapat nilai ≥70 sebanyak 34 siswa. Jadi,
sebanyak 34 siswa atau sebesar 87,18% dari total 39 siswa kelas IV SDN Karangrejo
05 Jember sudah mencapai ketuntasan nilai secara klasikal (≥70% dari jumlah siswa).
Berdasarkan hasil penelitian tentang peningkatan hasil belajar mengarang
deskripsi dengan menggunakan model concept sentence melalui kartu gambar seri,
saran yang diberikan yaitu (a) bagi guru, model concept sentence melalui kartu
gambar seri ini diharapkan dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran mata
pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya pada pembelajaran mengarang, (b) bagi
kepala sekolah, diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan masukan
dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran, (c) bagi siswa, diharapkan dapat
termotivasi pada saat pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya,
dan (d) bagi peneliti lain, diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini untuk
menemukan sesuatu yang baru dan dapat bermanfaat bagi banyak orang.