PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA ANAK KELOMPOK A1 MELALUI MEDIA MIND MAP DI TK AMELIA KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Penelitian ini dilakukan di TK Amelia Kecamatan Sumbersari Kabupaten
Jember. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok A1 yang berjumlah 18 anak,
yang terdiri atas 11 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan model penelitian Arikunto.
Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perecanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi,
wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif.
Proses penerapan media mind map untuk meningkatkan penguasaan kosakata
anak kelompok A1 di TK Amelia Jember tahun pelajaran 2015/2016 dilaksanakan
dengan cara menunjukkan media mind map pada anak di depan kelas kemudian guru
(peneliti) menyebutkan kosakata yang ada pada media dan meminta anak untuk
menyebutan kosakata tersebut kemudian guru melakukan tanya jawab dengan anak
tentang gambar yang akan digunakan dalam bercerita. peningkatan penguasaan
kosakata anak kelompok A1 di TK Amelia Jember tahun pelajaran 2015/2016 dapat
dilihat dari perolehan nilai rata-rata kelas pada pra siklus 58,33, pada siklus I 68,51,
dan pada siklus II meningkat menjadi 83,33.