dc.description.abstract | Menurut data hasil validasi tes diperoleh bahwa tes tersebut valid dengan
koefisien kevalidan 4,90. Soal tes tersebut dapat digunakan dengan beberapa
revisi sesuai dengan saran yang telah diberikan validator. Berdasarkan hasil
analisis jawaban soal tes dan hasil wawancara diperoleh deskripsi jenis-jenis
kesalahan siswa yaitu kesalahan dalam memahami masalah yang ditemukan
meliputi siswa tidak lengkap menuliskan hal yang diketahui dan hal yang
ditanyakan, siswa langsung menyalin kalimat yang ada dari soal. Penyebab dari
kesalahan memahami masalah adalah siswa kurang teliti dalam membaca soal,
siswa tidak dapat menuliskan data yang diketahui pada soal secara lengkap, siswa
tidak dapat menuliskan maksud dari soal yang ditanyakan. Kesalahan dalam
menyusun rencana yang ditemukan meliputi siswa tidak dapat menyusun langkahlangkah
penyelesaian dengan tepat dari awal sampai akhir pengerjaan.
Penyebabnya adalah siswa tidak terbiasa dalam menuliskan rencana yang akan
digunakan dalam menyelesaikan soal. Kesalahan melaksanakan rencana adalah
siswa tidak menyelesaikan soal sesuai dengan langkah-langkah yang telah disusun
pada langkah menyusun rencana, siswa salah melakukan operasi hitung bilangan,
dan siswa salah menggunakan metode penyelesaian. Penyebabnya adalah siswa
tidak menyelesaikan soal yang diberikan sesuai dengan rencana yang telah
disusun, siswa kurang teliti dalam melakukan perhitungan matematika untuk
menyelesaikan permasalahan, dan siswa kurang paham mengenai metode-metode
penyelesaian dalam menyelesaikan sistem persamaan linier dua variabel.
Kesalahan dalam memeriksa yang ditemukan meliputi siswa salah menghitung,
siswa tidak memeriksa kembali jawaban yang telah diperoleh, siswa tidak
memperoleh jawaban akhir. Penyebabnya adalah siswa tidak terbiasa memeriksa
kembali hasil jawaban yang diperoleh, siswa tidak dapat memastikan kebenaran
jawaban yang diperoleh. | en_US |