Show simple item record

dc.contributor.advisorSUGIARTI, Titik
dc.contributor.advisorKURNIATI, Dian
dc.contributor.authorTYAS, Desi Ayu Trisnaning
dc.date.accessioned2016-08-09T06:22:17Z
dc.date.available2016-08-09T06:22:17Z
dc.date.issued2016-08-09
dc.identifier.nimNIM120210101099
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76106
dc.description.abstractMenurut data hasil validasi tes diperoleh bahwa tes tersebut valid dengan koefisien kevalidan 4,90. Soal tes tersebut dapat digunakan dengan beberapa revisi sesuai dengan saran yang telah diberikan validator. Berdasarkan hasil analisis jawaban soal tes dan hasil wawancara diperoleh deskripsi jenis-jenis kesalahan siswa yaitu kesalahan dalam memahami masalah yang ditemukan meliputi siswa tidak lengkap menuliskan hal yang diketahui dan hal yang ditanyakan, siswa langsung menyalin kalimat yang ada dari soal. Penyebab dari kesalahan memahami masalah adalah siswa kurang teliti dalam membaca soal, siswa tidak dapat menuliskan data yang diketahui pada soal secara lengkap, siswa tidak dapat menuliskan maksud dari soal yang ditanyakan. Kesalahan dalam menyusun rencana yang ditemukan meliputi siswa tidak dapat menyusun langkahlangkah penyelesaian dengan tepat dari awal sampai akhir pengerjaan. Penyebabnya adalah siswa tidak terbiasa dalam menuliskan rencana yang akan digunakan dalam menyelesaikan soal. Kesalahan melaksanakan rencana adalah siswa tidak menyelesaikan soal sesuai dengan langkah-langkah yang telah disusun pada langkah menyusun rencana, siswa salah melakukan operasi hitung bilangan, dan siswa salah menggunakan metode penyelesaian. Penyebabnya adalah siswa tidak menyelesaikan soal yang diberikan sesuai dengan rencana yang telah disusun, siswa kurang teliti dalam melakukan perhitungan matematika untuk menyelesaikan permasalahan, dan siswa kurang paham mengenai metode-metode penyelesaian dalam menyelesaikan sistem persamaan linier dua variabel. Kesalahan dalam memeriksa yang ditemukan meliputi siswa salah menghitung, siswa tidak memeriksa kembali jawaban yang telah diperoleh, siswa tidak memperoleh jawaban akhir. Penyebabnya adalah siswa tidak terbiasa memeriksa kembali hasil jawaban yang diperoleh, siswa tidak dapat memastikan kebenaran jawaban yang diperoleh.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries120210101099;
dc.subjectPOLYAen_US
dc.subjectMATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABELen_US
dc.titleANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL TERBUKA (OPEN ENDED) BERDASARKAN TAHAPAN POLYA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL SISWA KELAS X SMK NEGERI 4 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record