STUDI PERENCANAAN STRUKTUR ATAS JEMBATAN GROBOGAN LUMAJANG (KM SBY 132 + 240) DENGAN SISTEM CABLE STAYED
Abstract
Pada umumnya, tipe jembatan bentang panjang terdiri dari jembatan Cable
Stayed, Suspension, Box Girder Cantilever, dan Pelengkung. Jembatan Grobogan
Lumajang awalnya adalah jembatan tipe pelengkung beton dengan panjang 144,5
meter, merupakan jalan nasional antara Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten
Lumajang. Karena jarang sekali jembatan dengan sistem Cable Stayed, maka dalam
tugas akhir ini akan dilakukan studi perencanaan struktur atas tentang sistem tersebut.
Pada perencanaan struktur atas ini akan dilakukan analisis beban meliputi: berat
sendiri, beban mati tambahan, beban lajur “D” (BTR dan BGT), beban “T”, beban
angin, dan pengaruh respons spektrum gempa berdasarkan lokasi jembatan. Acuan dari
perencanaan ini antara lain Standar Pembebanan Untuk Jembatan RSNI T-02-2005,
Perencanaan Struktur Baja Untuk Jembatan RSNI T-03-2005, Perencanaan Struktur
Beton Untuk Jembatan RSNI T-04-2005, SNI 03-1729-2002 dan Surat Edaran Menteri
PUPR 2015 tentang Pedoman Pelaksanaan Teknis Jembatan Beruji Kabel.
Dari hasil perencanaan diperoleh pipa sandaran baja hollow D-42,7 mm, tiang
sandaran dengan tulangan utama 2-D12 dan sengkang praktis Ø10-200. Lantai trotoar
dan pelat kendaraan dengan tulangan lentur D-16 dan tulangan bagi Ø10. Gelagar
memanjang profil WF 300.200.8.12, gelagar melintang profil WF 600.200.11.17,
ikatan angin profil L 150.150.16. Shear connector dengan stud D-19 dan H-120 mm
(BJ-41). Strand kabel digunakan strand 61. Pylon dengan tulangan utama D-32 dan
sengkang lateral Ø22. Sambungan berupa baut D-19 dan tebal plat sambung 10mm.
Angkur kabel berdimensi 500 mm x 500 mm x 40 mm
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4149]