• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PKn POKOK BAHASAN GLOBALISASI PADA SISWA KELAS IV SDN KALIWINING 05 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Darin Fouryza - 120210204152 -1.pdf (2.391Mb)
    Date
    2016-08-09
    Author
    FOURYZA, Darin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh terhadap hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SD yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dan yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Hasil tersebut diperoleh dari penghitungan uji-t menggunakan SPSS versi 18.00 dengan taraf signifikansi 5%, dengan data yang dianalisis adalah beda skor hasil belajar (pre-test – post-test). Penghitungan pada uji-t tersebut menunjukkan bahwa nilai thitung = 2,992, dan selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel, db = 56, pada taraf signifikansi 5%, sehingga diperoleh ttabel = 2,0126. Berdasarkan hasil tersebut, diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu (2,992 > 2,0126), sehingga ditolak dan diterima. Selain dilakukan uji statistik terhadap hasil thitung dan ttabel, dilakukan juga penghitungan keefektifan relatif (ER). Hasil dari penghitungan tersebut, diperoleh ER sebesar 31,69. Saran dalam penelitian ini adalah: 1) guru diharapkan dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match untuk membantu siswa memahami semua materi pelajaran pada setiap proses pembelajaran, 2) guru harus tegas dan jelas dalam memberikan instruksi pada setiap aktivitas belajar yang akan dialami oleh siswa, dan 3) perlu adanya penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Make a Macth dapat diterapkan serta memberikan pengaruh yang lebih baik lagi pada hasil belajar mata pelajaran yang lain.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76100
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15469]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository