• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK KELOMPOK B3 MELALUI MEDIA PAPER QUILLING DI TK KARTIKA IV/73 KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    Chusnul Wardani Apriyanti - 120210205072-1.pdf (3.012Mb)
    Date
    2016-08-09
    Author
    APRIYANTI, Chusnul Wardani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B3 TK TK Kartika IV/73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember dengan jumlah anak 19 yang terdiri dari 14 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 20015/2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes lisan. Penerapan media paper quilling dalam meningkatkan kemampuan membaca anak kelompok B3 di TK Kartika IV/73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016, yaitu: guru menunjukan dan membaca gambar media paper quilling yang berisi kalimat sederhana (3 kata) kemudian membagi kalimat menjadi satuan terkecil kata dan huruf, selanjutnya anak diminta menyebutkan bunyi huruf dan menunjukkan simbol yang melambangkannya, menyebutkan huruf vokal dan konsonan, membaca kata dan kalimat. Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B3 melalui Media Paper Quilling di TK Kartika IV/73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2015, pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 64,80 dan siklus II mencapai nilai 78,95, hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar kemampuan membaca anak siklus I ke siklus II sebesar 14,15. Saran bagi guru, hendaknya menerapkan media paper quilling sebagai media alternatif dalam proses pembelajaran, khususnya dalam meningkatkan kemampuan membaca anak.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76097
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository