PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA KOTAK KARTU MISTERI (KOKAMI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP LINGKUNGAN KELAS IV DI SDN SUMBERSARI 02 TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
Hakikat pembelajaran sains yang didefinisikan sebagai ilmu tentang alam
dalam bahasa indonesia disebut ilmu pengetahuan alam (IPA), dapat
diklasifikasikan menjadi tiga bagian, yaitu: ilmu pengetahuan alam sebagai
produk, proses, dan sikap. Mangacu pada hakikat IPA sebagai proses, diharapkan
proses pembelajaran IPA yang menekankan pada pembelajaran langsung dapat
mengembangkan dan meningkatkan kompetensi. Dalam upaya untuk
mengembangkan dan meningkatkan kompetensi pembelajaran IPA salah satunya
dengan menerapkan pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe Teams
Games Tournament (TGT) dengan media Kotak Kartu Misteri (KOKAMI) agar
mampu membangkitkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa sehingga dapat
mencapai hasil belajar yang optimal. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan
di SDN Sumbersari 02 Jember, diketahui bahwa motivasi belajar siswa dalam
pelajaran IPA masih terbilang rendah.