PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI DAN BENDA LANGIT MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT BERBANTUAN MEDIA VIDEO DI KELAS IV SDN SLAWU 03 TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa dengan
menerapkan model cooperative learning tipe NHT berbantuan media video di kelas
IV SDN Slawu 03 mengalami peningkatan aktivitas belajar siswa dalam
memperhatikan penjelasan guru, menyimak video pembelajaran, mengajukan
pertanyaan dan pendapat, diskusi kelompok, dan mengerjakan LKK. Hal ini dapat
dibuktikan dengan hasil analisis pengamatan aktivitas belajar siswa yang meningkat
dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I aktivitas belajar siswa mendapat rata-rata skor
sebesar 64,7 menjadi 83,8 pada siklus II dan termasuk pada kriteria aktif.
Berdasarkan hasil analisis hasil belajar siswa pada tes akhir siklus I dan II mengalami
peningkatan. Hasil belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan dengan ratarata
skor sebesar 72,1 menjadi 84,4 pada siklus II dan termasuk pada kriteria sangat
baik.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa aktivitas
dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan perubahan kenampakan bumi dan benda
langit melalui penerapan model cooperative learning tipe NHT berbantuan media
video di kelas IV SDN Slawu 03 Tahun Ajaran 2015/2016 mengalami peningkatan.
Saran dari peneliti, hendaknya guru dapat menerapkan model cooperative learning
tipe NHT berbantuan media video pada pokok bahasan lain yang sesuai dengan
model dan media tersebut.