dc.description.abstract | Banyaknya sumber daya manusia yang ada saat ini membuat persaingan yang
ketat dalam perusahaan, sehingga bagi karyawan yang cara kerjanya masih kurang
efektif dan efisien akan mudah tergeser oleh mereka yang memiliki kualitas dan
kuantitas kerja yang lebih baik. Perusahaan juga harus mengapresiasikan hasil kerja
karyawan melalui umpan balik yang sesuai. Pencapaian tujuan perusahaan tergantung
pada kinerja karyawan, namun hal ini juga berhubungan langsung terhadap kepuasan
kerja, gaya kepemimpinan, dan komitmen organisasional.
Penelitian ini menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini
adalah semua karyawan yang bekerja sebagai karyawan tetap pada PG. Olean
Situbondo. Sampel penelitian ini adalah karyawan tetap PG. Olean Situbondo sejumlah
105 orang. Structural Equation Model (SEM) yang dijalankan dengan perangkat lunak
AMOS digunakan untuk menganalisis data. Hasil analisis menunjukkan bahwa
Kepuasan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Komitmen Organisasional,
pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Komitmen Organisasional, pengaruh
Kepuasan kerja terhadap Kinerja Karyawan, pengaruh Gaya kepemimpinan terhadap
Kinerja Karyawan, Gaya Kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
Kinerja Karyawan, Kepuasan Kerja dan Gaya Kepemimpinan melalui Komitmen
Organisasional berpengaruh positif terhadap Kinerja Karyawan.
Temuan Empiris tersebut mengindikasikan bahwa untuk meningkatkan
Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional, dan Gaya Kepemimpinan yang merupakan
penyebab terjadinya Kinerja Karyawan yang rendah, manajemen perusahaan
seharusnya memperhatikan faktor-faktor seperti Kepuasan Kerja, Gaya Kepemimpinan
dan Komitmen Organisasional, karena faktor-faktor tersebut terbukti mempengaruhi
tinggi rendahnya Kinerja Karyawan tersebut. Implikasi teoritis dan saran-saran bagi
penelitian yang akan datang juga diuraikan pada bagian akhir dalam penelitian ini.
1
Dengan adanya saran-saran bagi penelitian yang akan datang diharapkan
mampu memberikan informasi yang lebih terperinci. | en_US |